SOLOPOS.COM - Warung Apung Tiga Putri di sekitar Waduk Kedung Ombo, Sragen. (Google Map)

Solopos.com, SRAGEN — Jalan-jalan ke Gunung Kemukus, Sragen, tidak lengkap kalau hanya melihat-lihat pemandangan dan berfoto ria. Rasanya tidak lengkap kalau Anda ke Gunung Kemukus namun belum mencoba kuliner yang disajikan sejumlah warung makan setempat.

Seringkali kuliner khas menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah objek wisata, bukan hanya keindahan alam maupun kelengkapan fasilitas dan sarananya. Banyak pengunjung yang jauh-jauh datang ke lokasi wisata hanya untuk menikmati sajian makanan di sana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas apa kuliner yang patut dicoba pengunjung saat berada di kawasan wisata Gunung Kemukus, Sragen? Berikut ini Solopos.com merangkum sejumlah tempat yang menawarkan kuliner asyik di sekitaran Gunung Kemukus.

Warung Apung Tiga Putri

Warung Apung Tiga Putri berada di Kebayanan II, Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Lokasinya memang agak jauh dari Objek Wisata Gunung Kemukus, sekitar 15 menit berkendara.

Seperti namanya, warung ini mengapu di air Waduk Kedung Ombo sehingga menyajikan pemandangan yang indah. Menu andalannya adalah ikan bakar.

Baca Juga: Jadi Rumah Manusia Purba, Ini Keistimewaan Lain Kabupaten Sragen

Saat tiba, pengujung akan disuguhi pemandangan hamparan air waduk dan kapal-kapal para nelayan dan pemancing. Untuk menuju warung, terdapat satu jembatan kecil yang menghubungkan tempat parkir dan warung makan.

Terdapat spot foto juga yang mengarah langsung ke waduk. Saat menunggu makan, bisa berfoto terlebih dahulu dengan latar pemandangan alam di sekitar Warung Apung Tiga Putri.

Saung Bambu Pak Eko

Saung Bambu Pak Eko merupakan warung makan sederhana yang menyajikan menu mie ayam dan bakso beragam. Mulai dari bakso jumbo, bakso komplet, mie ayam, mie ayam bakso, mie ayam ceker, dan mie yamin.

Minuman yang disediakan seperti warung makan pada umumnya. Ada es teh, es jeruk, lemon tea, black coffee, kopi susu, air mineral, dan lain-lain.

Baca Juga: Rica Emprit Kreasi Pemuda Karanganyar Punya Sensasi Renyah Basah Lur

Lokasinya di jalan Sumberlawang-Waduk Kedungombo Km.1 Sidomulyo RT 14, Ngandul, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Tidak hanya itu, terdapat pula cemilan seperti roti bakar dengan berbagai varian rasa, es oyen, dan es degan.

Dapur Kebul Pendem

Letaknya di Jl. Solo-Purwodadi, Kebayanan III, Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Di Dapur Kebul Pendem tersedia menu penyet yang bervariasi seperti penyet telur, penyet kepala, penyet ayam, penyet ikan, penyet daging, penyet cumi, penyet bebek, dan sebagainya. Menu lainnya pun beraneka ragam mulai dari teh, susu, kopi, jus, dan makanan ringan.

Rumah Makan Putri Lestari

Rumah Makan Putri Lestari cocok bagi para pelancong yang melalui jalan raya Solo-Purwodadi. Rumah Putri Lestari menyediakan fasilitas seperti toilet dan musala

Rumah makan ini terletak di jalan Solo-Purwodadi, Jl. Barong No.KM, RW 27, Kebayanan III, Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen. Berada di dekat areal persawahan menjadikan tempat ini sejuk meskipun berada di pinggir jalan.

Baca Juga: Turun Temurun hingga 40 Tahun, Ini Rahasia Kelezatan Sate Ayam Pak Bagong Sragen

Menu yang tersedia di antaranya garang asem, ayam bakar, nasi pecel, sop ayam kampung, asem-asem daging, minuman, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya