SOLOPOS.COM - Kacang sacha inchi. (peru.info)

Solopos.com, WONOGIRI —  Kacang sacha inchi Wonogiri diyakini memiliki banyak keistimewaan. Saat ini, Kabupaten Wonogiri sedang gencar menggalakkan kacang sejuta manfaat tersebut.

Winarno selaku pionir penanam kacang sacha inchi di Wonogiri mengaku mulai menanam kacang yang berasal dari daratan Amerika Latin itu sejak awal 2021. Lahan di Wonogiri untuk menanam kacang sacha inchi yang memiliki banyak keistimewaan itu berlokasi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Nguntoronadi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Awalnya ada teman yang menawari kacang sacha inchi, saya disuruh menanam. Dikasih biji sebanyak satu kilogram, saya bagi-bagi dengan warga sekitar untuk ditanam,” kata warga Kecamatan Girimarto itu, kepada Solopos.com, Selasa (13/9/2022).

Dikutip dari www.kemdikbud.go.id, Rabu (14/9/2022), keistimewaan kacang sacha inchi di Wonogiri terdapat di beberapa bagian tanaman. Hal itu seperti daun sacha inchi yang mengandung antioksidan dan dapat dimakan sebagai sayur ataupun diolah sebagai teh.

Biji buahnya memiliki kandungan asam lemak. Minyak hasil ekstraksi biji sacha inchi memiliki berbagai manfaat baik untuk kosmetik sebagai pelembab dan pencerah kulit.

Baca Juga: Kisah Nyoto, Nelayan Pertama di WGM Wonogiri yang Belajar secara Autodidak

Minyak sacha inchi juga memiki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti penurun kolesterol dan asam urat, peningkat kecerdasan, dapat mengurangi resiko jantung bengkak, risiko stroke, menurunkan aktivitas tumor, radang sendi dengkul, meningkatkan penglihatan (katarak), dan menurunkan rasa kesemutan.

Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama, Kolonel (Inf) Achiruddin, mendukung penanaman kacang sacha inchi yang memiliki banyak keistimewaan itu di Wonogiri. Ia beranggapan bahwa hasil panen kacang sacha inchi sangat menjanjikan.

“Satu kilogramnya Rp5.000. Misalkan satu hektare [Ha] ditanami kacang sacha inchi dengan kapasitas 3.000 batang, bisa dibayangkan bahwa hasilnya cukup potensial,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa.

Baca Juga: Kaya Manfaat, Wonogiri Galakkan Penanaman Kacang Sacha Inchi

Kepala Sub Divisi Jasa Air dan Sumber Air III/1 PJT I, Fendri Ferdian, menilai gerakan penanaman kacang sacha inchi yang memiliki banyak keistimewaan di Wonogiri lebih baik dibandingkan menanam palawija. PJT I tertarik untuk ikut mengembangkan tanaman pangan yang diketahui bisa bertahan hingga 20 tahun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya