SOLOPOS.COM - Pj Walikota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat melihat langsung hasil kreasi siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. (Istimewa/Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Biskuit berbahan pati garut dan tepung waluh bikinan siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga menjadi inovasi terbaik dalam ajang lomba kreativitas dan inovasi masyarakat (Krenova) tingkat Kota Salatiga tahun 2022.

Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi, berpesan agar para pemenang lomba Krenova terus berkreasi dan tidak berpuas diri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pesan itu disampaikan saat penyerahan hadiah lomba Krenova tingkat Kota Salatiga tahun 2022 di Pendapa Pakuwon, Senin (15/8/2022). Ia meminta para juara terus mengembangkan hasil inovasi yang telah dibuat.

“Saya pesen satu saja jangan berpuas diri. Ini baru permulaan, apalagi yang runner-up. Selain itu jangan memandang pesaing adalah musuh atau seseorang yang harus dibabat habis. Itu salah,” kata Sinoeng.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau saya menilai pesaing adalah alat ukur. Contoh, HP-mu bagus. Besok, sudah tidak. Inovatif adalah yang mau membuka diri, selalu bertanya. Ada yang lain yang baru tidak ya,” ungkapnya.

Baca Juga : Kisah 2 Mahasiswa UKSW Juliette-Christian Jadi Duta Genre Kota Salatiga

Sinoeng juga meminta pemerang berkolaborasi dengan inovasi lain. Ia juga berharap inovasi yang sudah dilombakan bisa dipamerkan saat car free day (CFD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah, menyampaikan akan membantu proses perizinan produk makanan atau minuman hasil inovasi.

Kepala Bappeda Kota Salatiga, Muthoin, menyampaikan bahwa ada 20 peserta lomba krenova yang lolos. Sebanyak 20 inovasi yang dinilai dewan juri di antaranya sedotan ramah lingkungan dari tanaman paku ekor kuda, robot pengecek suhu dan masker, dan prototype pilahbot atau robot pemilah sampah.

Kemudian, Sareng Momong platform edukasi parenting yang membantu orang tua mengatasi masalah parenting mulai dari anak usia 0-7 tahun, Amadonathi donat hias dengan topping motif prasasti plumpungan, dan Kombucha Fermented Tea Sari Jahe.

Lalu, Jenang Butterfly Pea, Water Heater Rumahan berbasis Panas Matahari, Gumuk Sidul Menul Menul, dan Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar (SD) berbasis Gastronomi.

Baca Juga : Kecamatan Terkecil di Kota Salatiga Punya Gerbang Tol

Berikutnya, Nggusah Pengusir Burung Otomatis Berbasis Panel Surya, GAARING (Agar sayur kering), Alat Deteksi Kelembaban Tanah dan Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Arduino Uno, dan Alat Peraga DePo DeNef Matematika.

Berikut ini juara Krenova Kota Salatiga tahun 2022, yaitu harapan III berjudul Inovasi Prototype Pilah Bot Robot pemilah pemilih sampah organik, anorganik, logam.

Juara harapan II berjudul Inovasi Amadonathi berupa Donat hias dengan topping motif prasasti plumpungan. Juara harapan I, Emochiku Mochine Wong Solotigo berupa Inovasi kue mochi dengan perpaduan cita rasa makanan khas Salatiga dengan balutan sensasi pangan kekinian.

Juara III Respati Recycle Serbaguna Plastik Polyethylene berupa inovasi Lukisan yang terbuat dari limbah sampah plastic. Juara II Nggusah pengusir burung otomatis berbasir panel surya. Terakhir, juara I adalah Biskuit dari Pati Garut dan Tepung Waluh yang free gluten dan low sugar.

Baca Juga : 4 Keunikan Salatiga, Salah Satunya Kota Paling Toleran di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya