Ini Dia Harga Pesawat Hercules RC Keren Buatan Wong Boyolali

Dua pemuda Boyolali berhasil membuat pesawat aeromodelling RC tipe Hercules dengan bobot 5 kg dan bentangan sayap 3 m. Harganya cukup Rp5 jutaan.
Ini Dia Harga Pesawat Hercules RC Keren Buatan Wong Boyolali
SOLOPOS.COM - Pesawat jenis Hercules buatan Pungki Sasando dan Deni Kurniawan diterbangkan di Sirkuit Boyolali, Sabtu (19/6/2021) (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Dua pemuda asal Gagak Sipat, Ngemplak, Boyolali sukses membuat pesawat aeromodelling remote control (RC) tipe Hercules C 130. Yang bikin spesial dari pesawat ini adalah bobotnya yang mencapai 5 kg lebih dan lebar bantangan sayapnya hingga 3 meter.

Dua pemua kreatif itu yakni Pungky Sasando dan Deni Kurniawan. Mereka berhasil menerbangkan pesawat dari styrofoam dengan mulus di Sirkuit Boyolali di jalan Solo-Semarang, Sabtu (19/6/2021). Pesawat RC Hercules ini ditenagai energi listri dari baterai empat sel yang disalurkan ke empat motor dengan kapasitas masing-masing 60 Ampere.

Sebenarnya, pesawat Hercules ini adalah yang kedua yang mereka buat. Pesawat Hercules pertama ukuran dan bobotnya lebih kecil, sekitar 3 kg. Sehingga tantangan dalam membuat dan menerbangkannya tidak sebesar pesawat kedua.

Baca Juga: Pesawat Hercules Buatan 2 Pria Ngemplak Terbang di Boyolali

Dia mengatakan pesawat tersebut merupakan pesawat pesanan dari rekannya di Jawa Timur. Awalnya pesawat tersebut sudah dibuat pada sebagian badan pesawatnya. Namun karena suatu hal, rekan tersebut meminta keduanya untuk menyelesaikannya. Pungki menyebut ada beberapa hal yang disesuaikan, termasuk bobotnya.

"Hal yang menjadi tantangan adalah memperhitungkan keseimbangan. Dimensi sekitar 3,7 meter. Berat sekitar 5 kg. Senelumnya dari sananya sudah dibuat pada sebagian badannya. Namun kami lakukan penyesuaian, rangka yang tidak perlu kami hilangkan agar bobot tidak over," kata dia, Sabtu.

Harga

Setelah tiga pekan, pesawat itu pun siap diuji coba. Pesawat tersebut sudah sempat diterbangkan untuk yang pertama kalinya pada awal pekan lalu. Kemudian pada Sabtu pagi itu, kembali dilakukan uji coba untuk memastikan sebelum diserahkan kepada konsumennya.

Baca Juga: 10 Berita Terpopuler: 2 Warga Ngemplak Sukses Bikin dan Terbangkan Pesawat Hercules

Bagi Anda yang punya suka dan hobi pada aeromodelling, Pungky siap menerima orderan pesawat. Lantas berapa harga pesawat Hercules C 130 yang Sabtu lalu diterbangkan?

"Itu harganya sekitar Rp5 jutaan, tergantung speknya," ujar Pungky saat dihubungi Solopos.com via aku Instagramnya, @pungky_sasando, Senin (21/6/2021)

Jika harga Rp5 juta dianggap terlalu mahal, Pungky juga menyediakan pesawat aeromodelling RC dengan harga yang lebih ramah di kantong. "Ada yang Rp2,5 juta-Rp3 jutaan. Itu sudah lengkap, siap terbang," ujarnya.

Jadi, tertarik menerbangkan pesawat RC?

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sasando (@pungky_sasando)

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago