SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kampus Unsoed di Purwokerto. (alumni-unsoed.tripod.com)

Solopos.com, PURWOKERTO — Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto sebentar lagi bakal menggelar Pemilihan Rektor. Total ada empat kandidat yang bakal bersaing dalam ajang pemilihan rektor tersebut setelah melalui seleksi administrasi.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsoed Purwokerto, Dr. Ir. Isdy Sulistyo, DEA., menyebutkan dari lima pendaftar hanya empat orang yang dinyatakan lolos seleksi sebagai bakal calon Rektor Unsoed Purwokert.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dari lima pendaftar, akhirnya ditetapkan empat bakal calon. Satu pendaftar tidak memenuhi syarat, terutama syarat pengalaman manajerial,” kata Isdy, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Siap-Siap! Unsoed Gelar Kuliah Tatap Muka Oktober Ini

Ia mengatakan syarat pengalaman manajerial tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 28 Tahun 2017 tentang Statuta Universitas Jenderal Soedirman. Syarat itu antara lain yakni calon rektor minimal harus pernah menjabat sebagai ketua jurusan selama 2 tahun atau sebagai ketua lembaga di perguruan tinggi negeri (PTN) selama 2 tahun.

Keempat pendaftar yang telah dinyatakan lolos seleksi bakal calon rektor itu yakni Prof.Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P., Ph.D., Prof. Dr. Ade Maman Suherman, M.Sc, Dr. V. Prihananto, M.Si., dan Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr. Sedangkan, pendaftar yang tidak lolos adalah Dr. Norman Arie Prayogo, S.Pi., M.Si.

Selanjutnya, kata dia, penyampaian visi dan misi keempat bakal calon rektor dilaksanakan dalam Rapat Senat Terbuka, Kamis (20/1/2022). Setelah itu, proses pemilihan dilanjutkan dengan Rapat Senat Tertutup pada Kamis siang untuk menentukan tiga calon rektor.

“Penentuan tiga calon tersebut dilakukan dengan cara musyawarah mufakat. Kalau 81 anggota Senat sepakat tiga orang, A, B, dan C, ya sudah itu selesai, tidak perlu ada pemungutan suara. Tetapi kalau tidak sepakat, ya tentu harus dengan pemungutan suara dan diambil tiga suara terbanyak dari empat bakal calon,” katanya.

Baca juga: Pemilihan Rektor ISI Solo 2021-2025, Dr I Nyoman Sukerna Raih Suara Terbanyak

Ia mengatakan tiga nama calon rektor tersebut akan dilaporkan kepada Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) berikut perolehan suara masing-masing calon.

Menurut dia, hal itu dilakukan karena Mendikbud Ristek nantinya juga ikut memilih calon rektor dengan persentase 35 persen suara.

Dengan demikian, calon yang mendapat suara terbanyak di Senat Unsoed bisa saja kalah karena calon rektor terpilih mendapatkan tambahan suara dari Mendikbud Ristek meskipun perolehan suara di senat tergolong kecil.

Sekadar informasi, posisi Rektor Unsoed Purwokerto saat ini dijabat Prof. Ir. Suwarto, M.S., yang masa jabatannya segera berakhir pada tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya