SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA –-Proklamator Indonesia Soekarno-Hatta dinilai memiliki jasa yang luar biasa dan telah melakukan perjuangan mencapai dan mengisi kemerdekaan, sehingga pemerintah memberikan gelar kepada keduanya sebagai pahlawan nasional.

Guntur, anak pertama Soekarno, menerima tanda gelar pahlawan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Rabu (7/11/2012). Sementara untuk Mohammad Hatta diterima anaknya, Meutia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan, penetapan Soekarno sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden No. 83/2012, sementara untuk Mohammad Hatta dengan Keppres No. 84/2012.

Adapun pertimbangan pemberian gelas pahlawan nasional adalah, pertama, sebagai penghargaan dan penghormatan atas jasa yang luar biasa dan pernah memimpin serta melakukan perjuangan politik dan lainnya untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, Untuk menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untuk meningkatkan darma bakti kepada bangsa dan negara

Ketiga, Soekarno dan Hatta selain sebagai proklamator juga merupakan perintis kemerdekaan dan pejuang kemerdekaan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya