[ X ] CLOSE

Ini Dia 4 Masjid di Semarang dengan Bangunan Unik

Masjid di Kota Semarang berjumlah ribuan dan beberapa di antaranya memiliki bentuk bangunan yang unik.
Ini Dia 4 Masjid di Semarang dengan Bangunan Unik
SOLOPOS.COM - Masjid Kapal Semarang yang berlokasi di Jl. Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. (Instagram—seputarsemarang)

Solopos.com, SEMARANG — Ribuan masjid tersebar di berbagai wilayah di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Dari ribuan masjid itu, empat di antaranya pun memiliki bangunan yang unik.

Keunikan bangunan empat masjid yang ada di Kota Semarang ini pun dikabarkan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melalui akun Instagram pribadinya di @hendrarprihadi.

Dalam unggahannya itu, Wali Kota yang karib disapa Hendi itu menyebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ada 1.308 masjid yang ada di Kota Semarang.

Baca juga: Unik! Masjid Pancasila Kebumen, Bentuknya Segi Lima

Dari ribuan masjid itu, beberapa di antaranya memliki desain yang menarik untuk dikunjungi sambil berwisata dan berswa foto atau selfie.

“Selamat Hari Jumat — semoga kita semua senantiasa mendapat keberkahan #BergerakBersama,” tulis Hendi dalam akun Instagram sambil memposting empat masjid yang memiliki desain bangunan unik.

Berikut keempat masjid yang memiliki desain dan bangunan unik di Kota Semarang menurut Wali Kota Hendi:

1. Masjid Kapal Pesiar

Masjid Kapal Pesiar. (Instagram @hendrarprihadi)

Masjid memiliki desain yang cukup unik. Bangunan masjid ini berbeda dari masjid pada umumnya karena berbentuk kapal.

Masjid yang diberi nama Masjid Jami Haji Soenarto ini terletak di Kampus Akpelni Kota Semarang, Bendan Dhuwur, Kecamatan Gajahmungkur.

2. Masjid Bahtera Nabi Nuh

Masjid berbentuk kapal di Ngaliyan, Semarang, dipadati pengunjung jelang buka puasa, Sabtu (28/5/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Kehadiran Masjid Bahtera Nabi Nuh atau yang memiliki nama asli Masjid As Safinatun Najah di Kota Semarang sempat viral di media sosial pada 2017 lalu.

Hal itu dikarenakan bentuk bangunan masjid yang menyerupai kapal besar hingga disebut sebagai Masjid Bahtera Nabi Nuh.

Masjid ini terletak di pinggiran Kota Semarang, atau cukup jauh dari pusat kota. Lokasinya tepatnya berada di Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Baca juga: Wali Kota Semarang Minta Salat Id di Masjid & Musala Terdekat

3. Masjid Kontainer

Masjid Kontainer di Semarang. (Instagram)

Jika Masjid Bahtera Nabi Nuh terletak di pinggiran kota, maka lain halnya dengan Masjid Kontainer. Masjid Kontainer berlokasi di dalam kota, tepatnya di Jalan MH Thamrin, Pekunden, Kota Semarang.

Masjid ini sebenarnya memiliki nama asli yakni Masjid Achmad bin Adenan. Namun lebih populer disebut masjid kontainer karena dibangun dari tumpukan kotak kargo atau kontainer.

4. Masjid Taman Terakota

Masjid unik di semarang
Masjid Terakota. (Instagram)

Masjid Taman Terakota terbilang cukup baru dan banyak warga Kota Semarang yang masih asing mendengarnya. Masjid ini terletak di kompleks Citra Grand Semarang di daerah Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Nah, itulah keempat masjid dengan gaya arsitektur yang unik menurut Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Meski demikian, sebenarnya masih ada banyak lagi masjid di Kota Semarang yang memiliki bangunan unik dan sekaligus menjadi destinasi wisata religi, seperti Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) maupun Masjid Agung Semarang di Kauman, dan Masjid Baiturrahman di kawasan Simpang Lima.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago