SOLOPOS.COM - Puri Mataram Sleman. (slemankab.go.id)

Solopos.com, SLEMAN — Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki segudang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Yang terbaru ada Obelix Village yang menjadi tempat wisata baru di wilayah Sleman. Ternyata ada tempat wisata lain di sekitar tempat wisata yang baru diresmikan pada 15 Oktober 2022 itu.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari Obelix Village:

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

  1. Puri Mataram

Tempat wisata ini berada di Padukuhan Drono, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman. Lokasi tempat wisata ini hanya sekitar 8 km atau 20 menit perjalanan dari pusat kota.

Dilansir dari slemankab.go.id, Puri Mataram ini memiliki makna filosofi sebagai tempat yang indah, di dalamnya ada taman, air, serta berbagai tanaman bunga di kerajaan Mataram.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ini Fasilitas di Obelix Village Sleman, Ada Little Zoo hingga Sungai Estetik

Puri Mataram ini didirikan pada 2017 di lahan seluas 4,5 hektare. Tempat wisata ini dibangun di atas tanah kas milik desa. Puri Mataram ini diresmikan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan ditandai dengan penanaman pohon kelengkeng sebagai simbolis.

Puri Mataram ini memiliki beberapa spot wisata, seperti taman bunga, taman kelinci, becak air, kolam tangkap ikan, kitiran, dan terapi air. Untuk masuk ke tempat wisata ini cukup membayar parkir sepeda motor Rp2.000 dan mobil Rp3.000. Sedangkan untuk masuk ke setiap wahana tiketnya Rp10.000. Puri Mataram ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sedangkan untuk restoran yang ada di kawasan wisata buka hingga pukul 22.00 WIB.

tempat wisata sleman
Puri Mataram. (slemankab.go.id)
  1. Gardu Pandang Kaliurang Sleman

Tempat wisata ini lokasinya berada di Kaliurang, Kecamatan Pakem, Sleman. Gardu Pandnag ini berada tepat di bawah kaki Gunung Merapi. Letaknya berad adi ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Pemandangan yang ada di lokasi wisata ini sangat indah dan sejuk. Lokasi wisata ini dari Kota Jogja sekitar 25 km.

Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati fasilitas berupa tiga gardu pandang. Lokasi gardu pandang ini titiknya paling tepat untuk menikmati Gunung Merapi karena terlihat sangat jelas dan tanpa penghalang.

tempat wisata dekat obelix village
Gardu Pandang Kaliurang Sleman. (slemankab.go.id)

Bukan hanya menyuguhkan tempat yang pas buat bersantai, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai wahana permainan anak. Jadi sangat pas untuk tempat wisata keluarga. Untuk permainan anak ini, pengelola tidak memungut biaya alias gratis.

Biaya masuk tempat wisata ini juga murah, yakni hanya Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Baca Juga: Empat PNS Pemkab Gunungkidul Dipecat, Kasusnya Pemerkosaan & Perselingkuhan

  1. Stonehenge Sleman

Tempat wisata yang dekat dari Obelix Village adalah Stonehenge Sleman. Letak wisata replika Stonehenge ini ada di Dusun Petung, Desa Kehuharjo, Kecamatan Cangkiran. Stonehenge merupakan objek wisata berupa susunan pilar bebatuan besar yang sangat terkenal di Inggris.

Ternyata di Sleman juga ada tempat wisata Stonehenge yang mirip seperti di Inggris. Lokasi replika batuan ini berada di kawasan The Lost World Castle. Selain memiliki bentuk yang mirip dengan Stonehenge di Inggris, tumpukan batu itu tidak kalah menarik untuk dijadikan latar belakang berfoto.

ilustrasi tempat wisata di Kabupaten Sleman tempat wisata dekat obelix village
Ilustrasi tempat wisata di Kabupaten Sleman. (Instagram/@exploresleman.ig)

Batu-batu yang disusun berdiri itu berjejer rapi dengan mengelilingi lahan dan beberapa batu di antaranya menyambung dengan batu yang ada di atasnya. Batu-batuan berukruan jumbo ini merupakan sisa darie rupsi Gunung Merapi.

  1. Kampung Flory

Tempat wisata Kampung Flory ini lokasinya tidak jauh dari Obelix Village. Tepatnya berada di Jugang, Plaosan, Tridadi, Sleman. Dikutip dari jogjaprov.go.id, Kampung Flory merupakan tempat wisata yang menyuguhkan suasana di perdesana. Di kawasan seluas 4,5 hektare ini menyajikan suguhan wisata di sektor perikanan, pertanian, dan perkebunan. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga.

Baca Juga: Obelix Village Tempat Wisata Baru di Sleman, Segini Tiket Masuknya

Di Kampung Flory ini ada pusat budidaya tanaman hias. Kemduian agro buah yang didalamnya ada sejumlah pohon buah-buahan, Embung Mesem, perahu bebek, spot slefie, permainan tradisional.

Selanjutnya di tempat ini ada fasilitas outbound. Fasilitas ini untuk anak-anak dan juga dewasa. Bukan hanya itu, di sini ada beragam permainan yang seru dan flyingfox serta wahana lainnya.

tempat wisata dekat obelix village jogja
Kampung Flory Sleman. (jogjaprov.go.id)
  1. Taman Pelangi

Tempat wisata yang dekat dengan Obelix Village selanjutnya adalah Taman Pelangi. Tempat ini berada satu lokasi dengan wisata Monumen Jogja Kembali dan beralamat di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Taman Pelangi ini mulai beroperasi pukul 16.30 hingga 22.00 WIB. Ini menjadi salah satu wisata andalan di Sleman.

tempat wisata dekat obelix village jogja
Taman Pelangi Sleman. (jogjaprov.go.id)

Dikutip dari jogjaprov.go.id, Taman Pelangi ini awalnya bernama Taman Lampion karena banyaknya lampion yang bercahaya yang terlihat cantik pada malam hari. Tapi, semakin lama masyarakat mengenalnya sebagai Taman Pelangi Monjali.

Ada banyak lampion berukuran jumbo di lokasi ini dan berbentuk unik. Seperti bunga, tanaman, hewan, gapura, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya