SOLOPOS.COM - Seorang konsumen mengisi BBM menggunakan aplikasi MyPertamina di SPBU Gajahmungkur, Kota Semarang, Selasa (10/11/2020). (Semarangpos.com-Pertamina MOR IV JBT)

Solopos.com, SOLO — Bahan bakar minyak (BBM) yang dipasarkan Pertamina beragam jenisnya, mulai dari Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Masing-masing jenis BBM tersebut memiliki angka oktan yang berbeda.

Yang dimaksud nilai atau angka oktan pada BBM, adalah nilai yang menunjukan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Semakin tinggi nilai oktan akan semakin besar tekanan yang dibutuhkan agar BBM bisa terbakar pada mesin sepeda motor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Nusantara-Sakti.com dan Motorplus-Online.com, agar kendaraan awet, pemilik harus menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan rasio kompresi mesin sepeda motornya.

Baca juga: Begini Efek Samping Penggunaan Pertamax Pada Kendaraan

Adapaun nilai oktan dari masing-masing BBM jelas berbeda. Premium memiliki angka oktan 88, bahan bakar ini cocok untuk sepeda motor yang rasio kompresi mesinnya kurang dari 9 : 1.

Kemudian Pertalite angka oktannya 90, bahan bakar ini cocok untuk sepeda motor yang memiliki mesin dengan rasio kompresi 9 : 1 hingga 10 : 1. Kemudian Pertamax nilai oktannya, 92, disarankan digunakan untuk motor dengan rasio kompresi 10 : 1 hingga 11 : 1.

Ada juga BBM jenis Pertamax Turbo yang menggantikan posisi Pertamax Plus. Jika Pertamax Plus nilai oktannya 95, maka Pertamax Turbo angka oktannya 98. Sehingga disarankan digunakan untuk motor dengan rasio kompresi tinggi, atau minimal 12 : 1.

Baca juga: Benarkah Pertalite Bisa Merusak Mesin Kendaraan?

Dengan melihat angka oktan pada bahan bakar minyak yang dipasarkan Pertamina, Anda bisa memilih jenis BBM yang cocok buat sepeda motor. Jangan sampai salah memilih BBM karena akan berakibat kerusakan mesin dan performa kendaraan.

Sesuai dengan angka oktan Pertamax yakni 92 maka motor yang cocok menggunakan BBM tersebut adalah yang memiliki rasio kompresi mesin 10 : 1 hingga 11 : 1 atau sepeda motor dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI)

Di antaranya Honda ADV 150, Honda BeAT F1, Honda CS1, Honda Forza, Honda Genio, Honda PCX 150, Honda GTR 150, Honda Vario 110. Kemudian Yamaha NMAX, Yamaha New Vixion, Yamaha Lexi, Yamaha Aerox 155, Suzuki Satria F150 dan Suzuki GSX -R150.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya