SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati pemandangan alam dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

Solopos.com, KARANGANYAR — Objek wisata baru terus bermunculan di wilayah Kabupaten Karanganyar. Hal ini semakin memberikan banyak opsi kepada wisatawan untuk memilih destinasi wisata yang sesuai dengan minat.

Tawangmangu dan kawasan Kemuning di Ngargoyoso menjadi dua lokasi wisata yang paling terkenal di Kabupaten Karanganyar. Tapi sesungguhnya destinasi wisata di Bumi Intanpari tidak sebatas dua kawasan tersebut. Masih banyak yang lain, belum lagi ditambah dengan adanya objek wisata baru.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini daftar objek wisata baru di Karanganyar:

1. Telaga Kusuma

telaga kusuma karanganyar
Pembangunan kawasan agrowisata dan waterpark Telaga Kusuma di Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Destinasi wisata baru bakal dibangun di Kabupaten Karanganyar adalah agrowisata dan waterpark Telaga Kusuma. Objek wisata ini dibangun oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Pembangunan objek wisata ini menelan biaya hingga Rp5 miliar.

Nantinya, tempat ini digadang-gadang menjadi destinasi wisata baru favorit di Bumi Intanpari. Menariknya, objek wisata tersebut dibangun seperti HeHa di Gunungkidul, Yogyakarta. Bedanya, objek wisata Telaga Kusuma Karanganyar ini menawarkan pesona keindahan Gunung Lawu.

Baca Juga: Tekan Kemiskinan Melalui Desa Wisata, Kemuning Telah Membuktikannya

Kades Tunggulrejo, Parno Karyo Sumarto, menargetkan pembangunan agrowisata dan waterpark Telaga Kusuma rampung dalam se bulan kedepan.

“Kami akan meresmikan agrowisata dan waterpark tepat di Hari Jadi Karanganyar 18 November nanti,” kata dia ketika dijumpai Solopos.com di Tunggulrejo, Sabtu (27/8/2022).

Di Telaga Kusuma menempati lahan kas desa seluas 1,4 hektare (ha). Di agrowisata ini pengunjung akan disuguhi taman-taman cantik dengan aneka bunga. Kemudian terdapat kafe dan resto serta gazebo di berbagai lokasi. Selain itu juga dibangun enam kolam renang anak dan dewasa lengkap dengan seluncurannya.

Di antara kolam renang ini dibangun tempat khusus snorkling. Pengunjung bisa menyelam dengan pemandangan ikan-ikan cantik. “Nanti pengunjung bisa selfie didalam air dengan ikan-ikan hias,” kata dia.

Selain taman dan kolam renang, pemdes juga membangun gedung serbaguna di lokasi tersebut. Lalu bioskop yang bisa ditonton para pengunjung.

2. Kolam Renang Tirta Arum

kolam renang Kebakkramat karanganyar
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melemparkan bola ke arah anak-anak saat peresmian kolam renang Tirta Arum Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, pekan lalu. (Istimewa)

Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar sekarang punya kolam renang baru yang dibuka untuk umum. Namanya Kolam Renang Tirta Arum.

Kolam ini dibangun sejak 2019 namun terhenti lantaran pandemi Covid-19. Baru pada 2022 pembangunannya kembali digeber sebelum akhirnya berhasil diselesaikan pada Agustus 2022 lalu.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Kumpulkan Dana CSR untuk Bangun Tangga di Gunung Lawu

“Sumber dana kolam renang ini berasal dari dana desa, bantuan keuangan, dan pendapatan asli desa,” ujar Kepala Desa (Kades) Waru, Sularto, dalam acara peresmian kolam belum lama ini.

Ia menambahkan pembangunan kolam renang ini mendapatkan sambutan baik warga Desa Waru. Tirta Arum menjadi sarana rekreasi maupun olahraga masyarakat yang kemudian diharapkan dapat menciptakan atlet renang yang unggul.

3. Camping Ground Berjo

Tambak Camping Ground des Berjo Ngargoyoso karanganyar
Keindahan lampu di Karanganyar bisa dinikmati dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

Selain memiliki Air Terjun Jumog dan Telaga Madirda, Desa Berjo di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar kini juga punya bumi perkemahan atau camping Ground anyar. Lokasinya tak jauh dari pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Tambak.

Areanya lumayan luas, yakni sekitar 1 hektare dan bisa muat 100 tenda. Oleh karenanya bisa digunakan untuk kemah ramai-ramai dalam suatu kegiatan kelompok atau instansi.

Seperti bumi perkemahan lain, di sini juga sudah ada fasilitas kamar mandi dan penerangan yang memadai. Saluran listrik yang disediakan juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kemah dan menghidupkan peranti kelistrikan lainnya. Terutama mengisi daya baterai ponsel.

Baca Juga: Desa Berjo Karanganyar Punya Camping Ground Anyar, Pemandangannya Aduhai

Salah satu yang menjadi daya tarik dari camping ground ini adalah pemandangannya. Dari bumi perkemahan di ketinggian 1.180 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, pengunjung bisa menyaksikan hamparan tanaman hijau yang luas.

Di malam hari, pengunjung bisa melihat keindahan lampu rumah-rumah penduduk atau lampu kota di wilayah Karanganyar, Solo, dan sekitarnya. Tentu, pemandangan ini bisa dilihat ketika cuaca cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya