SOLOPOS.COM - Mario Aji (Twitter/honda_team_asia)

Solopos.com, SOLO – Indonesia mencetak sejarah dengan kembali menjadi tuan rumah ajang balap motor MotoGP pada pertengahan Maret 2022 lalu. Sejumlah pembalap Indonesia pernah berlaga pada musim balap MotoGP dengan turun di beberapa kelas. Siapa saja mereka?

Disarikan dari berbagai sumber, setidaknya terdapat enam pembalap Indonesia yang pernah dan sedang berlomba di arena MotoGP. Sejauh ini mereka masih turun di kelas 125 cc dan 250 cc, belum ada yang merasakan kelas primer yaitu MotoGP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada MotoGP musim 2022, pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji, mendapat kesempatan bersaing di ajang balap motor bergensi di dunia tersebut. Mario Aji turun ke kelas 125 cc.

Saat ini, Mario Aji berada di posisi ke-26 dari 35 pembalap yang bersaing di Moto3 tersebut. Mario Aji yang memakai nomor motor 64 tersebut mengumpulkan poin 5. Pada balapan di MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Mario Aji yang membela bendera Tim Honda Asia finis di urutan ke-18.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Mario Aji diperkenalkan ke motocross oleh ayahnya dan mulai balapan pada usia sepuluh tahun, sebelum beralih ke lintasan aspal. Pada tahun 2018, pembalap Indonesia ini berkompetisi di Idemitsu Asia Talent Cup, sebuah ajang balapan dimana ia finis ke-5 dengan 4 podium dan satu kemenangan, di samping juga partisipasinya di Asia Road Race Championship di kelas 250cc, di mana ia berada di posisi ke-6.

Baca Juga: Klasemen Terbaru MotoGP Hari Ini, Quartararo Ungkap Fakta Mengejutkan

Selama tiga musim berikutnya ia ikut dalam Red Bull MotoGP Rookies Cup dengan FIM CEV Repsol di Moto3. Dalam kejuaraan masing-masing ia secara konsisten berada di posisi 15 besar. Pada tahun 2022 ini, Honda Team Asia akan mengandalkannya dalam satu musim penuh untuk bersaing di kategori Moto3.

Sebelum Mario Aji, ada nama Doni Tata Pradita, asal Sleman, DIY. Masih dikutip dari laman resmi MotoGP, Doni Tata memulai debutnya di Moto2 pada 2005 dan menjalaninya hingga 2007. Meski belum bisa menembus kelas tertinggi yakni MotoGP, ia cukup membuat Indonesia bangga.

Baca Juga: Indonesia Vs China, Laga Hidup Mati di FIBA Asia Cup 2022

Berikut ini 6 pembalap Indonesia yang pernah berlomba pada musim balap MotoGP, dikutip dari berbagai sumber:
1. Doni Tata Pradita
Doni Tata memulai debutnya di Moto2 pada 2005 dan menjalaninya hingga 2007. Doni Tata merupakan pembalap Indonesia pertama yang berpartisipasi pada musim MotoGP untuk kelas 250 cc. Doni Tata adalah pembalap asal Sleman, DIY, dan saat itu membela tim pabrikan Yamaha. Meski belum bisa menembus kelas tertinggi yakni MotoGP, ia cukup membuat Indonesia bangga.

2. Rafid Topan Sucipto
Rafid Topan Sucipto menjalani debut di lintasan balap MotoGP pada 2012 dengan turun di kelas Moto2 di Valencia, Spanyol. Saat itu, Topan menggantikan Anthony West dari tim QMMF Racing memanfaatkan jatah wildcard. Pada musim berikutnya, ia masih dipercaya timnya kembali di kelas Moto2 selama satu musim penuh. Prestasi terbaiknya adalah finis di posisi ke-20 pada GP Australia.

3. Gerry Salim
Gerry Salim juga menjadi pembalap Indonesia yang berlomba di ajang MotoGP untuk kelas ringan yaitu Moto3 pada 2019. Ia membela Honda Team Asia, menggantikan pembalap Jepang, Ai Ogura, yang cedera. Di Sirkuit Mugello Italia, Gerry menorehkan prestasi setelah start dari urutan ke-27 bisa finis di posisi 16. Gerry juga pernah turun di kelas Moto2 di GP Aragon menggantikan Dimas Ekky Pratama yang cedera.

4. Dimas Ekky Pratama
Dimas Ekky menjalani debutnya di Sirkuit Sepang Malaysia pada musim MotoGP 2017, dengan turun di kelas Moto2. Seperti halnya Rafid Topan, Dimas Ekky juga menggunakan fasilitas wildcard dengan membela tim Federal Oil Gresini. Musim MotoGP berikutnya ia membela tim Astra Honda Racing di kelas Moto2.

5. Andi Farid Izdihar
Andi Farid ini adalah pembalap Indonesia yang mengikuti kejuaraan dunia Grand Prix selama dua tahun berturut-turut, yakni pada musim MotoGP 2020 untuk kelas Moto2 dan MotoGP 2021 di kelas Moto3. Sebelumnya, pada musim MotoGP 2019, Andi Farid sudah pernah turun di Sirkuit Misano menggantikan Dimas Ekky Pratama yang cedera, tentu saja dengan fasilitas wildcard.

6. Mario Suryo Aji
Pembalap yang dijuluki Super Mario ini telah membuktikan bakatnya lintasan balap roda dua. Sebelum menjalani balapan di musim MotoGP 2022 ini, pembalap asal Madiun, Jawa Timur, kelahiran 16 Maret 2004 (umur 18 tahun) tersebut telah menjajal ketatnya persaingan di Red Bull MotoGP Rookies Cup dan FFIM CEV Moto3 Junior World Championship.

Bersama Honda Team Asia, Mario Aji akan berlaga satu musim penuh di musim MotoGP 2022 dikelas Moto3. Mario Aji juga tercatat sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih pole position di kelas Moto3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya