SOLOPOS.COM - Sandiaga Uno bersama istri Nur Asia Uno menunjukkan jari yang telah dicelup tinta di TPS 02 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta, saat pemilihan presiden, Rabu (17/4/2019). (Bisnis-Felix Jody Kinarwan)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta seluruh pejabat publik, mulai dari ekskutif, legislatif, hingga yudikatif, untuk patuh menyampaikan laporan kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Menurut Ketua KPK, Firli bahuri, penyampaian LHKPN ini menjadi salah satu indikator komitmen pemberantasan korupsi. Selain itu penyampaian LHKPN juga menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban para pejabat kepada publik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

LHKPN wajib bagi semua penyelenggara,  dari tingkat kabupaten/kota hingga pusat. Dari LHKPN ini publik bisa memantau perkembangan harta kekayaan pejabat saat awal hingga menjabat. Apakah terjadi lonjakan yang signifikan, tak bertambah, atau justru berkurang.

Baca Juga: Koleksi Mobil Tahir, Pejabat dengan Kekayaan Rp8,7 Triliun

Berbicara soal LHKPN, ada beberapa pejabat negara yang memiliki kekayaan begitu banyak. Mereka adalah orang di lingkaran kabinet dan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lantas siapa pejabat dengan kekayaan terbanyak? berikut daftarnya menurut e-LHKPN yang dirilis KPK:

1. Tahir

Tahir menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Ia memiliki kekayaan paling banyak di antara pejabat negara lainnya yakni mencapai Rp8.743,339.204.153 atau dibulatkan menjadi Rp8,74 triliun.

Mengutip wikipedia, Tahir adalah seorang pengusaha , investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group, sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Unit usahanya meliputi perbankan, media cetak dan TV berbayar, properti, rumah sakit dan rantai toko bebas pajak/duty free shopping (DFS).

Ia menjadi dikenal karena mampu menjadi orang terkaya keduabelas di Indonesia dan seorang filantropis yang mampu menyumbangkan US$ 75 Juta untuk kesehatan.

2. Sandiaga Uno

Mantan calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pilres 2019, Sandiaga Salahudin Uno, juga memiliki kekayaan yang banyak. Pengusaha muda yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatiatif ini memiliki total kekayaan mencapai Rp3.815.767.386.190 atau sekitar Rp3,8 triliun.

3. Arifin Panigoro

Pengusaha Arifin Panigoro menduduki peringkat ketiga daftar pejabat dengan kekayaan terbanyak menurut LHKPN. Pria yang didapuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini memiliki kekayaan Rp2.986.817.956.206 atau Rp2,9 trilun.

4. Prabowo Subianto

Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, memiliki harta kekayaan Rp2.029.339.519.335 atau Rp2,02 trilun. Kakak kandung dari Hashim Djojohadikusumo itu juga seorang pengusaha. Meski menjadi rival Jokowi di Pilpres 2019, Prabowo dipercaya menjabat Menteri Pertahanan oleh mantan Gubernur DKI dan Wali Kota Solo tersebut.

5. Muhamad Mardiono

Nama Muhamad Mardiono mungkin kalah populer di telinga publik dibandingkan empat pejabat di atas.

Dikutip dari wikipedia, Mardiono sebagai seorang pengusaha dan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPW PPP Provinsi Banten dan Wakil Ketua Umum DPP PPP.

Pada 2017, PPP mendorongnya untuk mencalonkan diri menjadi gubernur Banten, namun ia menolak. Mardiono memiliki bisnis yang bergerak di bidang jasa logistik bernama PT Buana Centra Swakarsa (BCS).

Mardiono kini dipercaya menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Harta yang ia laporkan dalam LHKPN nilainya mencapai Rp1.276.379.450.733 atau Rp1,27 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya