SOLOPOS.COM - Nasi gandul khas Pati. (Jatengprov.go.id)

Solopos.com, PATI — Kabupaten Pati di Jawa Tengah (Jateng) tidak hanya memiliki daya tarik wisata berupa alam maupun pantai. Kabupaten Pati juga kaya akan kuliner atau makanan khas yang menggugah selera dan kaya cita rasa.

Pati merupakan salah satu kabupaten di Jateng yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, atau merupakan daerah pesisir pantai utara. Pati memiliki luas sekitar 1.503,68 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 1,3 juta jiwa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabupaten yang memiliki semboyan Pati Bumi Mina Tani ini kaya akan kuliner atau makanan khas daerah, mulai dari yang berkuah, pedas, dan lain-lain.

Dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Selasa (8/11/2022), kuliner di Pati ada beraneka macam. Meski demikian, hanya ada beberapa yang kerap menggambarkan ciri khas pati.

Berikut makanan atau kuliner khas Pati yang sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke daerah yang terletak di pesisir utara Jateng itu.

Baca juga: Sego Pager, Makanan Khas Grobogan yang Memiliki Nama Unik dan Mirip Pecel

  • Nasi Gandul

Merupakan nasi yang disajikan dengan kuah berwarna cokelat seperti semur atau gulai. Nasi ini disajikan dengan potongan-potongan daging sapi.

Untuk lauknya, biasanya penjual akan menawarkan beraneka macam seperti otak, ati, limpa, dan lain-lain. Nasi gandul khas Pati biasanya disajikan juga dengan telur bacem dan perkedel.

Nasi gandul cocok disantap saat malam hari atau cuaca dingin. Kuahnya yang hangat dan pedas akan menggugah selera bagi yang menikmatinya.

  • Soto Kemiri

Makanan khas dari Pati lainnya yang cukup ikonis adalah Soto Kemiri. Soto Kemiri berasal dari daerah Kemiri yang merupakan salah satu desa di Pati.

Soto Kemiri merupakan soto ayam dengan kuah bersantan yang disajikan dengan irisan daging ayam. Warung soto Kemiri banyak ditemukan di Pati kota.

Baca juga: Sepi! 1 Dusun di Pati Ini Cuma Ada 2 Rumah

  • Sego Tewel

Makanan atau kuliner Kabupaten Pati lainnya adalah Sego Tewel. Makanan ini hampir mirip dengan nasi rames yang disajikan dengan sayur dari serat buah nangka dengan lauk tempe dan bakwan.

Nasi tewel biasanya disajikan dengan alas daun jati. Sego tewel banyak dijumpai di wilayah Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, Pati.

  • Lontong Balungan

Lontong Balungan merupakan makanan atau kuliner khas Pati yang cukup legendaris. Makanan ini berupa lontong yang disajikan dengan kuah santan kental dan diberi lauk tahu, tempe, serta potongan daging sapi yang masih melekat di tulang atau balungan.

Lontong Balungan banyak dijumpai di wilayah Desa Kropak, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Makanan ini juga sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Pati maupun wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Baca juga: Perkenalkan Kuliner Nusantara, BRI Bawa Ikan Asap Demak ke Belanda

  • Olahan Bandeng

Satu lagi makanan atau kuliner khas Pati, yakni penganan dari olahan bandeng yang banyak tersebar di Juwana.

Di Juwana, tersebar berbagai industri pengolahan bandeng presto. Ikan air payau itu dimasak sedemikian rupa sehingga durinya menjadi lunak. Jadi, kalau hendak mengkonsumsi bandeng presto, tidak perlu ribet menyisihkan duri karena bisa langsung dimakan.

Selain dipresto, ikan bandeng juga bisa diolah dalam bentuk lain seperti otak-otak maupun bandeng cabut duri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya