SOLOPOS.COM - Ilustrasi tower seluler. (kominfo.go.id)

Solopos.com, SOLO – Pengguna handphone saat ini dimanjakan dengan beragam produk perangkat telekomunikasi tersebut. Tidak hanya berkomunikasi, namun beragam kemampuan ditawarkan produsen telepon seluler (ponsel).

Mulai dari berselancar di dunia maya, mengakses berita, media sosial, memotret dan kegiatan lainnya. Hanya saja kemampuan tersebut menjadi terkendala ketika jaringan internet dari operator penyedia jaringan tidak mumpuni.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sehingga kegiatan mengunggah, mengunduh, berkomunikasi, dan menjelajah dunia maya bisa terhambat. Tapi tidak perlu khawatir karena di Indonesia ada operator seluler yang menyediakan kartu internet atau sim card dengan kecepatan internet dan stabil.

Baca juga: Rekomendasi HP Ram 3GB dengan Harga Rp1 Jutaan

Dikutip dari Nextren.com dan Opensignal.com, ada lima kartu internet dari operator seluler di Indonesia yang masuk kategori tercepat dan stabil. Hal ini berdasar riset jaringan mobile Opensignal pada akhir 2021 dengan sejumlah kriteria

Operator seluler Indonesia dengan download tercepat. Peringkat pertama diduduki kartu Internet dari Telkomsel yang berada di angka tertinggi yaitu 16.3Mbps. Disusul XL Axiata dengan kecepatan download 15.5MBps.

Selanjutnya ada kartu internet dari Indosat, Tri, dan Smartfren. Ketiganya secara berturut-turut menduduki posisi 3 sampai 5 sebagai operator seluler dengan download tercepat.

Baca juga: Infrastruktur 5G Baru Dimulai, Negara Ini Sudah Uji Internet 6G

Operator seluler Indonesia dengan upload tercepat. Kembali kartu internet dari Telkomsel menjadi terbaik dengan rata-rata kecepatan unggah 8.1Mbps. Disusul Indosat kecepatan download 7.2MBps. Lalu XL, Tri, dan Smartfren secara berturut-turut menduduki posisi 3 sampai 5.

Operator seluler Indonesia paling baik untuk gaming. Ternyata kartu internet dari operator seluler di Indonesia yang mempunyai performa paling baik untuk gaming adalah Tri dengan skor 68.2 Mbps. Sedangkan di posisi kedua ada Telkomsel dengan skor 61.6 Mbps.

Sementara itu, Smartfren menduduki posisi ke-3 dengan skor 58.4 Mbps, XL di posisi ke-4 dengan skor 56.1 Mbps, dan Indosat di posisi ke-5 dengan skor 52.4 Mbps.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya