SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan ringan di Sukoharjo hari ini . (freepik).

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim hujan di Jawa Tengah (Jateng) pada tahun ini tiba lebih cepat. Berikut daftar daerah di Jateng yang mengalami musim hujan lebih cepat.

BMKG Stasiun Klimatologi Jateng memperkirakan musim hujan tahun 2022/2023 di wilayah Jateng tiba lebih cepat. Jika pada tahun-tahun sebelumnya musim hujan biasanya tiba bulan Oktober, tapi tahun ini tiba pada dasarian I September.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari BMKG Staklim Jateng, Senin (12/9/2022), ada sejumlah daerah di Jateng yang mengalami musim hujan lebih cepat atau tiba pada dasarian I September 2022.

Daerah tersebut antara lain Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo bagian utara, sebagian wilayah selatan Kabupaten Tegal, Pemalang, Pekalongan, wilayah barat laut Kabupaten Cilacap, dan sebagian wilayah tenggara Kabupaten Brebes.

“Awal musim hujan 2022/2023 umumnya diprakirakan maju atau lebih cepat satu hingga tiga dasarian dari normalnya,” tulis keterangan resmi BMKG Staklim Jateng.

Baca juga: Musim Hujan 2022 Datang Lebih Awal, Begini Kata BMKG

Meski demikian, ada juga sejumlah daerah yang mengalami musim hujan pada tahun ini lebih lambat atau paling akhir. Daerah itu antara lain sebagian wilayah Kabupaten Pati dan wilayah timur Rembang. Di kedua wilayah itu, musim hujan diprakirkan tiba pada dasarian kedua November 2022 atau satu bulan lebih lambat dari waktu normal.

BMKG Staklim Jateng juga memprakirakan sifat musim hujan periode 2022/2023 tergolong normal. Hal ini menyusul fenomena El Nino Southren Oscilliation (ENSO) menujukkan kondisi La Nina lemah hingga akhir 2022 dan diprediksi berangsur netral pada periode Februari-April 2023. Sedangkan Indian Ocean Dipole (IOD) menunjukkan kondisi negatif hingga akhir tahun 2022, Sea Surface Temperature (SST) Indonesia juga diprakirakan hangat hingga November 2022.

Sementara itu, puncak musim hujan 2022/2023 diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2023. Panjang periode musim hujan 2022/2023 paling pendek adalah 14 dasarian atau 4,5 bulan yang meliputi wilayah Rembang bagian timur. Sedangkan musim hujan terpanjang atau mencapai 27 dasarian (9 bulan) terjadi di sekitar wilayah selatan Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Musim Hujan di Jateng Tiba Lebih Cepat, Ini Prakiraannya

“Waspadai dampak dari musim hujan pada wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor,” imbuh keterangan BMKG Staklim Jateng.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya