SOLOPOS.COM - Kolam Renang di Objek Wisata Batu Seribu, Sukoharjo, beberapa waktu lalu.(Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemkab Sukoharjo sudah membuka seluruh objek wisata di Sukoharjo, kecuali wisata tirta atau air.

Di Sukoharjo, ada enam objek wisata air yang masih dilarang buka. Enam objek wisata itu tersebar di lima kecamatan, yakni Grogol, Baki, Nguter, Bulu, dan Bendosari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Di Sukoharjo ada enam wisata tirta yang masih kita tutup. Tidak boleh buka dulu, karena itu kawasan wisata air dan rawan untuk penyebaran corona," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Darno melalui Kabid Kebudayaan, Siti Laela, kepada Solopos.com, Jumat (14/8/2020).

Bupati Wonogiri Janji Tak akan “Ngakali” Anggaran untuk Menang di Pilkada 2020

Lantas, mana saja enam objek wisata di Sukoharjo yang masih dilarang buka? Berikut daftarnya:

Wisata Alam Batu Seribu Bulu

Royal Water Adventure Telukan, Grogol

Pandawa Waterboom Solo Baru, Grogol

Taman Kidoland Plesan, Nguter

Tirta Wening Mulur, Bendosari

Kolam Renang Tirta Mas Gentan, Baki.

Seluruh Tempat Wisata di Sukoharjo Dibuka untuk Umum, Kecuali Ini

Wisata Gunung Pegat

Sementara itu, salah satu objek wisata yang sudah buka adalah Gunung Pegat di Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Kepala Desa (Kades) Karangasem, Kecamatan Bulu, Bambang Winarno, mengatakan tempat wisata alam Gunung Pegat sudah dibuka untuk umum sejak dua pekan terakhir.

Sebelumnya, kawasan wisata ini dibuka secara terbatas untuk warga setempat saja. Namun, kini pengunjung dari berbagai daerah di luar Sukoharjo mulai berdatangan ke tempat wisata Gunung Pegat.

"Sejak Covid-19 ini kan wisata Gunung Pegat kita tutup. Hanya warga desa saja yang boleh datang karena untuk menghilangkan kejenuhan. Tapi dua pekan ini sudah ramai lagi dan yang datang dari mana-mana," kata dia.

PKS: Ditunggu Aksi Nyata dari Pidato Jokowi

Sebagian besar pengunjung objek wisata di Sukoharjo ini sudah menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker. Selain itu, pengelola kawasan wisata Gunung Pegat juga menyediakan sarana tempat cuci tangan sebelum pengunjung menikmati pemandangan alam di sana.

Eksotisme keindahan alam disuguhkan saat berada di puncak Gunung Pegat. Dari puncak gunung ini pengunjung dapat menyaksikan pemandangan alam lahan persawahan yang hijau hingga matahari terbit dari ufuk timur.

Suasana malam hari juga tak kalah eksotis. Suhu yang tidak begitu dingin dan dari puncak bisa melihat gemerlapnya lampu-lampu di Tawangmangu, Wonogiri, dan Sukoharjo. Pesona keindahan pemandangan tersebut begitu luar biasa. "Untuk mempercantik kawasan di sana kita bangun gazebo-gazebo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya