SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuci mobil. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Karat atau korosi pada besi atau logam tentu sangat mengganggu, apalagi jika ditemukan pada mobil. Jika dibiarkan karat akan mengikis bodi mobil.

Untuk itu Anda harus menghilangkan karat pada bodi mobil karena selain merusak bodi, jika ada pada komponen mobil bisa mengurangi kenyamanan berkendara.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Jadi ada baiknya Anda menghilangkan karat dengan beberapa cara berikut ini yang dikutip Solopos.com dari Auto2000.co.id.

1. Berikan pelumas

Ekspedisi Mudik 2024

Bagian engsel mobil sering karatan karena jarang diperhatikan. Namun hal itu tidak akan terjadi lagi jika selalu mengoleskan pelumas pada bagian engsel untuk mencegah karat.

2. Cuci mobil berkala terutama setelah hujan

Mencuci mobil sebaiknya lakukan pada pagi atau siang saja. Karena air yang ada di bagian dalam mobil dan sulit dilap akan kering lebih cepat.

Baca juga: Ini Arti Pelat Nomor RF, RFS, RFH, RFQ, RFU Yang Viral

Air hujan juga dapat menimbulkan karat bagian mobil. Jadi ketika mobil habis kena air hujan, segera untuk mencucinya agar terhindar dari karat.

3. Gunakan cuka dan baking soda

Cara menghilangkan karat mobil bisa juga menggunakan cuka dan baking soda. Campur cuka dan baking soda dengan air hangat agar punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat.

Untuk spot karat bukan di bagian bodi utama, Anda bisa juga memanfaatkan sikat dan lap khusus untuk membantu menghilangkan karat secara lebih efektif.

Perlu diingat, menghilangkan karat dengan metode ini bisa berhasil atau tidak bergantung dari kondisi karat itu sendiri.

Baca juga: Berapa Denda Pajak Motor Telat 1 Bulan Hingga 1 Tahun? Yuk Berhitung

4. Manfaatkan lemon atau jeruk nipis

Jeruk nipis datau lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat mobil. Pertama, taburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu.

Kemudian rendam di dalam air jeruk nipis atau air lemon. Gunakan bola penggosok alumunium untuk mengikis sisa-sisa karat.

5. Kentang dan sabun cuci piring

Anda juga bisa menggunakan kentang dan sabun cuci piring. Caranya juga mudah, cukup potong kentang menjadi beberapa bagian lalu blender hingga halus.

Setelah itu campur dengan sabun cuci piring, adur hingga merata lalu oleskan pada bagian mobil yang berkarat dan diamkan.Gosok dengan kuas atau spons berbahan aluminium foil lap dengan kain kering.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya