SOLOPOS.COM - ilustrasi Cek Masa Aktif (Solopos.com/Arif Fajar S)

Solopos.com, SOLO — Di Indonesia ada beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia (provider) jasa layanan telekomunikasi selular berbasis teknologi Global System for Mobiile Communications atau sering dikenal dengan GSM.

Salah satunya adalah Telkomsel yang memiliki produk Telkomsel Pascabayar dan Telkomsel Prabayar (Simpati, Kartu As dll). Bagi pengguna kartu Telkomsel pasti sudah memahami dalam penggunaanya ada masa aktif.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Masa aktif ini memberikan waktu agar pengguna bisa tetap menggunakan kartu Telkomsel baik untuk berkomunikasi maupun untuk berselancar di dunia maya. Sehingga masa aktif ini harus dilihat agar tidak tiba-tiba habis masa aktifnya.

Jika sudah habis masa aktifnya kartu Telkomsel Anda bakal terblokir dan tidak bisa digunakan lagi. Padahal ada banyak teman atau rekan bisnis yang terhubung melalui kartu tersebut.

Baca juga: Ini Cara Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal Menggunakan Aplikasi

Nah biar tidak terjadi kartu Telkomsel Anda mati atau habis masa aktifnya, ada baiknya mengecek masa aktif kartu tersebut secara berkala. Ada beberapa cara mengecek kartu Telkomsel yang bisa adan gunakan. Berikut car-caranya dikutip dari telkomsel.com dan sumber lainnya.

1. Via Kode USSD *888#

Anda tinggal mengetik kodes USSD *888# kemudian tekan call (tanda telpon warrna hijau). Muncul sejumlah pilihan. Tekan angka sesuai piliha cek pula, kirim. Anda akan mengetahui sisa pulsa dan masa aktif kartu Telkomsel.

2. Aplikasi MyTelkomsel

Telkomsel memiliki layanan khusus berupa aplikasi MyTelkomsel. Langkah pertama donwload aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store atau di App Store (pengguna iPhone). Setelah itu daftarkan nomor Telkomsel Anda.

Baca juga: Ingat! Ini Data Yang Tak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Melalui aplikasi MyTelkomsel Anda bisa mengecek semua informasi,seperti sisa pulsa, paket data hingga poin telkomsel yang Anda miliki. Selain itu pengguna juga bisa melakukan pembelian pulsa dan paket data melalui aplikasi ini.

3. Call Center

Anda juga bisa memanfaatkan layanan Call Center dari Telkomsel. Tinggal telepon ke 188 untuk kartu Telkomsel Prabayar. Anda akan dikenai biaya Rp300. Sedang untuk pengguna kartu Telkomsel Pascabayar bisa hubungi 133 tanpa dipungut biaya.

4. Via WhatsApp

Caranya tambahkan WhatApp Telkomsel dengan nomor +62 811-11111111. Layanan ini terbilang praktis karena tinggal kirim pesan, hai dan kirim. Kemudian ketik Cek Pulsa, kirim. Tunggu balasan dari layanan tersebut berupa informasi pulsa dan masa aktif.

Cek pulsa dan masa aktif melalui WhatsApp ini bisa jadi alternatif ketika aplikasi MyTelkomsel atau fitur lain sedang mengalami gangguan.

Baca juga: Tips Agar Tak Jadi Korban Penipuan Online

5. Cek Via Line atau Telegram

Selain WhatsApp, Anda bisa cek masa aktif melalui aplikasi Line atau Telegram. Caranya cukup ketik Hai, kirim. Kemudian ketik Cek Pulsa, kirim. Asisten Virtual Telkomsel akan mengirimkan informasi pulsa dan masa aktif nomor Telkomsel Anda.

6. Melalui Twitter dan Facebook

Anda cukup mengirimkan permohonan via pesan langsung (direct message) dengan menyertakan nomor HP ke @Telkomsel. Jika sudah, tunggu balasannya. Asisten Virtual Telkomsel akan mengirimkan informasi pulsa dan masa aktif nomor Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya