SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik Lebaran (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar mudik gratis dengan menyiapkan sebanyak 350 unit bus. Keberangkatan bus mudik gratis ini dijadwalkan pada 28 April 2022.

Sedangkan jumlah warga yang dapat ditampung dalam program tersebut yakni 10.500 penumpang dengan tujuan 14 kota di Jawa Tengah.  Sedangkan pendaftaran peserta mudik gratis Kemenhub dimulai tanggal 9 April 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Diimbau bagi masyarakat untuk tidak mudik dengan sepeda motor apalagi yang sarat penumpang dan barang. Oleh karena itu, Ditjen Hubdat tahun ini kembali mempersiapkan mudik gratis dengan bus,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat), Budi Setiyadi, dalam konferensi pers daring yang dipantau di Jakarta, Jumat (8/9/2022).

Baca juga: Pasang Roof Box di Atap Mobil Untuk Mudik Lebaran, Ini Tipsnya

Rincian untuk rencana kuota bus mudik disediakan 270 bus untuk mengangkut 8.100 penumpang, sementara untuk balik disediakan 80 bus untuk mengangkut 2.400 penumpang.

Budi menjelaskan setelah vakum selama 2 tahun, kini dalam program mudik gratis juga disiapkan truk pengangkut motor.Kuota truk bagi sepeda motor disediakan 34 unit guna mengangkut 1.020 unit motor.

Dia memerinci rencana 14 kota tujuan mudik gratis tersebut yaitu:
1. Tegal
2. Semarang
3. Demak
4. Kudus
5. Boyolali
6. Solo
7. Klaten
8. Wonogiri
9. Wonosari
10. Yogyakarta
11. Magelang
12. Wonosobo
13. Kebumen
14. Purwokerto

Baca juga: Angkutan Logistik Dibatasi Saat Arus Mudik dan Lebaran

Untuk menampung motor yang akan dibawa pemudik, Ditjen Hubdat juga telah menyiapkan sebanyak 34 unit truk yang akan diberangkatkan menuju Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Sedangkan untuk keberangkatan arus balik disiapkan bus dari 5 kota yakni Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Mendaftar Secara Daring

Pada kesempatan itu, Budi Setiyadi menyampaikan bagi masyarakat yang akan mendaftar mudik gratis dapat mengakses laman www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara daring.

Selanjutnya dapat login dan mengisi data lengkap, kemudian menunggu verifikasi dan validasi sistem. Setelah itu calon pemudik dapat mengunduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik.

Baca juga: Puluhan Ribu Perantau Diprediksi Mudik ke Sukoharjo Tahun Ini

Dia menerangkan Calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus. “Calon pemudik kemudian dapat berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, syarat lainnya untuk mudik gratis ini yaitu pemudik wajib memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK, sudah vaksin lengkap/booster.

Bagi calon pemudik yang baru vaksin dosis 2, diwajibkan membawa hasil tes antigen maksimal 1×24 jam atau PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan. Sementara itu bagi yang baru mendapatkan dosis 1, wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3×24 jam sebelum pemberangkatan.

Baca juga: Ini Tarif Tol Jakarta-Semarang Untuk Mudik Lebaran 2022

Bagi pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus dapat membawa bukti hasil tes PCR 3×24 jam dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum/tidak dapat mengikuti vaksinasi covid-19 pada saat pemberangkatan.

Bagi anak-anak wajib menyerahkan dokumen KK. Selama pendaftaran dan proses keberangkatan peserta mudik gratis ini wajib men-download dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

“Bagi calon pemudik yang tidak mempunyai smartphone maka dapat membawa bukti kartu vaksin dan booster,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya