SOLOPOS.COM - Seorang jemaat anak Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan menerima telur Paskah saat Paskah 2022. (Solopos/Komsos Purbowardayan)

Solopos.com, SOLO — Panitia Paskah Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan di Jl. A. Yani No.10, Tegalharjo, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah menyediakan 800 telur pada Minggu (17/4/2022).

Telur Paskah tersebut diberikan kepada anak-anak setiap misa. Hingga misa kedua pada Minggu, setidaknya sebanyak 350 telur sudah diberikan kepada jemaat anak-anak yang belum menerima komuni.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Paskah Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan, Markus, mengatakan pemberian telur kepada anak-anak dimaksudkan membangkitkan semangat anak-anak kembali beribadat dan berutinitas di gereja. Hal itu mengingat telah ada pelonggaran aturan, khususnya di tempat ibadah.

Baca Juga : Hormati Paskah, Bacaan Alquran di Masjid Kratonan Solo Tak Pakai Toa

“Itu semacam simbolis. Dalam arti pemberian itu identik dengan tradisi. Makanya dua tahun kemarin anak-anak tidak menerima telur paskah. Kami panitia mencoba mengembalikan semangat anak-anak untuk kembali ke gereja,” jelas Markus saat ditemui Solopos.com, Minggu petang.

Markus mengatakan jadwal pembagian telur paskah kali terakhir pada Minggu pukul 16.00 WIB dan 18.00 WIB. Markus melihat antusiasme jemaat mengikuti upacara peribadatan paskah. Hal tersebut dikarenakan kerinduan jemaat mengikuti acara di gereja. “Selama pandemi, misa paskah tidak ada. Tahun ini antusiasme mereka [umat] sangat bagus. Ya mungkin mereka rindu ya,” jelasnya.

Baca Juga : 375 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Ibadah Paskah Di Gereja Solo

Biasanya, lanjut dia, telur paskah yang dibagikan berupa telur rebus. Kemudian, ditambah snack lain atau dihias dengan pita. Pantauan Solopos.com, penyelenggaraan ibadah misa paskah dijaga beberapa anggota kepolisian dan panitia paroki.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengizinkan penambahan kuota jemaat pada perayaan paskah 2022. Dari total daya tampung gereja 1.500 jemaat, ada yang mengikuti misa di luar ruang ibadah. “Kemarin, waktu [PPKM] level 4 penerapan dengan jaga jarak. Kapasitas dibatasi. Saat turun level, wali kota berkunjung. Mereka menghendaki kapasitas gereja ditambah. Dari kapasitas gereja dalam 500 jemaat sekarang 700 jemaat,” ceritanya.

Baca Juga : 2.022 Butir Telur Dibagikan di Boyolali Seusai Gelar Paskah

Tema perayaan paskah masing-masing gereja berbeda. “Tema paskah diserahkan kepada masing-masing paroki. Beda-beda tiap gereja. Selama pekan suci dimulai dari Rabu Abu, Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Malam Paskah dan Minggu Paskah,” ungkap dia.

Paroki Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan secara keseluruhan memiliki 12 wilayah. Dalam sehari, paroki menyelenggarakan tiga misa. Saat rangkaian ibadah paskah 2022, masing-masing misa dihadiri jemaat dari tiga wilayah. “Setiap wilayah dibagi-bagi per misa mana saja yang bertugas. Satu misa satu wilayah yang bertugas.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya