SOLOPOS.COM - Ilustrasi isolasi mandiri. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Pasien isolasi mandiri atau isoman di Kota Solo kini bisa mendapatkan layanan konsultasi dokter dan penyediaan obat gratis.  Kementerian Kesehatan memperluas layanan konsultasi dokter dan penyediaan obat gratis bagi para pasien isoman di 8 kota di Jawa dan Bali, salah satunya Kota Solo.

Setelah Jabodetabek, kini penggunaan layanan telemedisin ini diperluas lagi, antara lain Kota Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Solo, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, Kamis (5/8/2021), ada 11 platform telemedisin di Indonesia yang bekerja sama dengan Kemenkes antara lain Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell. Sebelas platform layanan telemedisin atau telemedicine ini menyediakan layanan konsultasi daring dan penyediaan obat gratis bagi para pasien isoman.

Berikut cara dan tahapan agar pasien isoman bisa mendapatkan obat gratis dan pelayanan dokter.

Ekspedisi Mudik 2024

Tes RT-PCR/Swab Antigen

Pasien melakukan tes RT-PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Masyarakat bisa mengecek laboratorium di seluruh Tanah Air yang terafiliasi ke Kemenkes melalui tautan https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/pengumuman/20210704/0838027/kmk-no-hk-01-07-menkes-4642-2021-tentang-penyelenggaraan-laboratorium-pemeriksaan-covid-19/

Baca Juga: Kunjungi Solo, Anggota DPR ini Soroti Kesenjangan Capaian Vaksinasi Covid-19 Antardaerah

Jika hasil tesnya positif dan laboratorium melaporkan hasilnya ke database kasus positif Covid-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima pesan WhatsApp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. Data ini wajib dilaporkan setiap laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 ke Kemenkes.

Kasus positif adalah pasien yang memiliki hasil positif tes swab reserve transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) dari tujuh hari ke belakang atau tes swab antigen positif dari dua hari terakhir.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id. Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 layanan telemedisin.

Baca Juga: PSI Solo Bantu Salurkan 600 Paket Beras dari Gibran untuk Warga Terdampak Covid-19

Caranya tekan tautan yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Konsultasi Daring

Pasien ketika melakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan bahwa dirinya adalah pasien program Kemenkes.

Resep Digital

Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.

Tebus Resep

Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma yang bekerja sama dengan Kemenkes.

Baca Juga: Tenda Darurat IGD RS di Solo Mulai Dibongkar

Pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.  Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai dengan ketentuan.

Pengiriman Obat

Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman dari Sicepat untuk mengambil obat dan atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien. Hanya pasien isoman dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat gratis dan vitamin.

Berikut daftar obat gratis dan vitamin untuk pasien isoman yang ditanggung Kemenkes:

– Paket A (Pasien OTG) yaitu multivitamin (Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Zinc), dengan dosis 1 x 1, jumlah 10.

Baca Juga: Vaksinasi Pelajar di Solo Segera Dimulai, Ini Prioritas Penerima

– Paket Obat B (Pasien Gejala Ringan), terdiri dari: Multivitamin (Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Zinc), dengan dosis 1 x 1, jumlah 10; Azythromisin 500mg, dengan dosis 1 x 1, jumlah 5; Oseltamivir 75mg, dengan dosis 2 x 1, jumlah 14; dan Parasetamol tablet 500mg, dengan dosis jika perlu, jumlah 10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya