SOLOPOS.COM - Busi Sepeda Motor (Astramotor.co.id)

Solopos.com, SOLO — Sepeda motor adalah moda transportasi yang paling banyak penggunanya. Karena selain praktis juga bisa menjadi solusi saat terjadi kemacetan di jalan raya.

Sepeda motor juga bisa menjangkau ke lokasi tujuan tanpa harus berpindah kendaraan seperti saat menggunakan transportasi umum. Bahkan bisa menjangkau lokasi yang tidak bisa dilewati mobil.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Untuk itu bagi pemilik sepeda motor yang menggunakannya untuk kegiatan harian, harus selalu merawat kendaraannya. Salah satunya adalah busi, yang merupakan bagian penting dari mesin kendaraan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: 3 Tips Aman Mudik Lebaran Naik Mobil Pribadi

Agar tidak bermasalah saat melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, ada baiknya Anda mengetahui kondisi busi motor. Apakah sehat atau tidak dengan melihat warna pada elektroda, seperti dikutip dari Astramotor.co.id.

Apabila warna elektroda pada busi motor Anda berwarna merah bata atau kecoklatan berarti pembakaran terjadi secara optimal, jadi kamu engga usah khawatir.

Kemudian jika warna pada elektroda busi motor Anda hitam itu menandakan bahwa lebih banyak campuran bensin dibandingkan dengan udara (lebih banyak bensin), akhirnya membuat boros bahan bakar.

Baca juga:

Selanjutnya jika warna elektroda memutih menandakan bahwa lebih banyak campuran udara dibandingkan bensin, padahal kedua campuran ini harusnya imbang. Jika hal ini terjadi maka motor akan lebih cepat panas dan komponen di dalam mesin jadi cepat rusak.

Terakhir ketika elektroda berwarna hitam dan dipenuhi dengan oli merupakan indikasi yang kurang baik. Karena mengindikasikan oli masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah tidak berfungsi secara optimal lagi.

Berita ini telah tayang di Astramotor.co.id dengan judul: 4 Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Busi Motor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya