SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengantuk. (Shutterstock)

Solopos.com, SOLO -- Beban pekerjaan yang berlebih sering membuat seseorang terpaksa lembut untuk merampungkannya, bahkan sampai begadang. Padahal pas begadang kantuk sering datang menyerang.

Akhirnya beberapa orang memilih minum kopi sebagai cara mengusir rasa kantuk.Tapi tentu saja, tidak semua orang bisa mengonsumsi kopi ketika lembur.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Beberapa orang bahkan justru merasa deg-degan usai minum kopi. Bukannyakantuk jadi hilang, tapi badan malah menjadi tidak enak ketika lembur.

Sebenarnya lembur tak berarti kalian harus minum kopi guys, banyak cara lain yang bisa kalian coba. Penasaran? Yuk, simak tips atasi kantuk tanpa harus minum kopi, yang berhasil kami rangkum dari Yukepo.com---Jaringan Suara.com, Rabu (7/10/2020).

Minum air putih

Ilustrasi minum air putih saat perut kosong. (Shutterstock)

Mengantuk dan sering menguap bisa terjadi karena otak kekurangan suplai oksigen. Oleh karena itu, kamu harus minum air putih yang banyak agar sirkulasi darah lancar dan aliran oksigen ke otak juga terpenuhi.

Kalau kamu banyak minum air putih, biasanya kamu juga akan mudah untuk buang air kecil. Justru hasrat ingin buang air kecil membuatmu kantuk hilang karena harus beranjak dan ke kamar mandi, 'kan?

Ngemil

Kantuk
Mengemil di kantor. (Shutterstock)

Kalau kamu terpaksa harus begadang dan ingin tetap wide awake berjam-jam, kamu bisa mengonsumsi camilan sebagai teman begadangmu. Meskipun memang sebaiknya kamu nggak makan saat sudah tengah malam, kamu tetap bisa ngemil dengan memilih camilan yang sehat seperti buah atau popcorn.

Ngemil membuat pikiranmu akan terpecah sehingga kantul hilang dan akan lebih mudah untuk tetap terjaga. Tapi hindari ngemil tengah malam dengan Nasi Padang ya!

Sarapan tanpa karbo

Ilustrasi Sajian Roti Gandum. (pixabay.com/Einladung_zum_Essen)

Begadang semalaman dan takut ngantuk kalau lagi di kelas atau meeting esoknya? Perut kosong menjadi salah satu penyebab emosi seseorang menjadi nggak stabil dan mudah ngantuk.

Ini disebabkan karena di waktu-waktu perut seharusnya mencerna, malah enggak ada yang bisa dicerna. Oleh karena itu, penting untuk sarapan pagi tapi jangan pilih yang karbonya tinggi seperti nasi. Karbo yang tinggi justru akan membuat tubuhmu mudah lelah dan kantuk datang.

Mengunyah permen karet

Ilustrasi permen karet. (Shutterstock)

Salah satu cara agar kamu tetap terjaga adalah dengan mengunyah permen karet. Rahang yang terus aktif bergerak akan membuatmu nggak mudah mengantuk apalagi menguap. Tapi hindari mengunyah permen karet terlalu sering. Cukup 1-2 permen dalam sekali begadang.

Kalau nggak suka permen karet, kamu bisa mengunyah makanan apapun tapi yang non kalori dan rendah gula. Kalau kebanyakan gula justru kantuk malah datang!

Mencuci wajah

Ilustrasi perempuan mencuci muka (shutterstock)

Udah benar-benar ngantuk tak tertahankan? Basuh wajahmu dengan air dingin, deh. Air yang dibasuh ke muka akan membuat wajahmu menjadi segar dan kantuk hilang seketika.

Cara ini juga bisa kamu lakukan ketika lagi di kelas atau meeting. Nggak apa-apa izin sebentar untuk ke kamar kecil dan mencuci muka. Jangan lupa dilap lagi yang bersih biar kamu nggak kelihatan kayak habis kehujanan, ya!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya