SOLOPOS.COM - Puluhan siswa SDN Cengklik Solo mengikuti outing class dengan memanfaatkan lukisan dinding atau mural di sekolah, Selasa (31/5/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, puluhan siswa SDN Cengklik Solo mengikuti outing class dengan memanfaatkan lukisan dinding atau mural di sekolah, Selasa (31/5/2022).

Belajar tambahan di luar kelas ini menghadirkan guru tamu yaitu Astrid Widayani, Sekretaris Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) yang juga inspirator leader dan orang tua asuh Solo Mengajar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para siswa diajak mendalami nilai-nilai Pancasila menjelang Hari Lahir Pancasila. Para siswa begitu antusias mengikuti outing class yang digelar di depan dinding yang penuh dengan mural, salah satunya gambar Pancasila.

Ekspedisi Mudik 2024

Astrid Widayani menyatakan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sudah semestinya dipahami dan diamalkan nilainya sejak dini.

“Momen Hari Hahir Pancasila penting untuk diingat bagi kita warga negara Indonesia agar semakin kuat bersatu membangun bangsa. Hari ini saya ingin berkontribusi untuk menanamkan nilai Pancasila kepada generasi penerus bangsa yang diwakilkan oleh siswa yang ada di sini sehingga tumbuh jiwa nasionalisme,” kata Astrid dalam siaran pers yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Mengapa 1 Juni Jadi Hari Lahir Pancasila? Begini Sejarahnya

Dia mengatakan generasi muda di masa depan adalah pemimpin yang bisa membawa bangsa Indonesia lebih kuat dan bermartabat. Astrid berharap acara ini bisa memotivasi para siswa untuk lebih cinta tanah air dan kelak bisa menjadi pemimpin negeri.

“Belajar boleh di mana saja, dengan siapa saja, kapan saja. Moga pembelajaran tentang Pancasila dengan contoh-contoh nyata ini, dengan menghadirkan guru tamu dapat memudahkan pengamalan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Mayor Haristanto, presiden Republik AengAeng selaku pemrakarsa acara.

Pembelajaran bergaya lesehan di paving halaman sekolah, selama 45 menit di luar kelas memantik antusiasme siswa. Salah satunya Aulia Ayu Sabella, siswa kelas VI. “Saya senang bisa belajar tambahan di luar kelas, rasanya lebih seru”, katanya

Kepala SDN Cengklik Solo Yohana Tatik Listyowati berharap setelah mengikuti kegiatan mendalami Pancasila dengan memanfaatkan lukisan di dinding sekolah, siswa dapat semakin menjiwai semangat kebersamaan di dalam perbedaan.

Baca Juga: Ini Beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila

“Dan semakin kuat melaksanakan nilai-nilai yang ada di Pancasila dalam kehidupannya baik di sekolah, keluarga, dan masyarakat serta bisa menghargai dan menghormati bangsa dan negaranya,” papar dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya