SOLOPOS.COM - Ilustrasi rasa kantuk saat mengemudi mobil. (Suzuki.co.id)

Solopos.com, SOLO — Melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil memang lebih nyaman. Namun terkadang saat mengemudi rasa kantuk tiba-tiba menyerang.

Apabila Anda meneruskan mengemudi untuk menyelesaikan perjalanan di tengah rasa kantuk, tentu ini akan membahayakan Anda dan penumpang mobil lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk menghilangkan rasa kantuk saat mengemudi, Anda bisa mengikuti sejumlah langkah berikut yang dikutip Solopos.com dari Suzuki.co.id.

Istirahat di rest area

Apabila mengantuk saat perjalanan luar kota melalui jalan tol sudah ada rest area. Tempat parkir yang luas lengkap dengan restoran membuat Anda jadi lebih mudah beristirahat.

Anda bisa tidur selama 15 menit untuk menghilangkan kantuk. Namun jika ternyata rasa kantuk tidak hilang juga, maka jangan melanjutkan perjalanan. Anda bisa melakukan cara ini setiap dua jam sekali.

Baca juga: Berapa Harga Mobil Listrik Bekas di Indonesia, Cek Yuk

Jangan minum obat sebelum berkendara

Jika sedang flu dan meriang? Sebaiknya jangan minum obat terlebih dahulu saat hendak berkendara. Apalagi jika obat tersebut dapat memicu rasa kantuk saat mengemudi.

Lihat pada kemasannya jika ada peringatan setelah minum obat dilarang berkendara atau obat dapat menimbulkan kantuk, sebaiknya jangan menyetir.

Ajak teman untuk mengobrol

Cara menghilangkan kantuk saat mengemudi adalah mengajak teman saat mengemudi, karena teman bisa mengingatkan Anda dan menyarankan untuk menepi agar aman.

Mendengarkan musik up-beat

Anda bisa memanfaatkan musik yang memiliki nada up beat saat berkendara sendiri untuk melawan kantuk. Karena musik membuat tubuh menjadi sedikit rileks.

Baca juga: Cara Aman Pengendara Motor Melewati Rel Kereta Api

Gunakan obat tetes mata

Penyebab kantuk saat mengemudi lainnya adalah karena mata terasa kering dan juga lelah. Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara lain yang bisa diikuti adalah dengan obat tetes mata.

Mengunyah permen karet

Supaya tidak mengantuk, Anda bisa melakukan kegiatan ringan ketika menyetir. Kegiatan yang mudah dilakukan yaitu mengunyah permen karet. Ini akan membuat pergerakan otot lebih terangsang pada bagian wajah.

Berkendara di pagi hari

Bangunlah lebih pagi dan lakukan perjalanan di pagi hari. Apalagi jika sudah istirahat yang cukup membuat rasa kantuk saat mengemudi tak datang. Namun jika mengantuk berat, hentikan perjalanan dan beristirahat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya