SOLOPOS.COM - Sejumlah peserta mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Minggu (5/7/2020). (Antara-Fikri Yusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Pengelola akun Twitter dan Instagram @halokampus membocorkan perkiraan pelaksanaan ujian masuk PTN, baik SNMPTN, SBMPTN, UTBK, maupun Ujian Mandiri 2021. Para siswa kelas XII bisa mulai bersiap-siap menempuhnya.

Perkiraan jadwal pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2021, baik Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Ujian Mandiri versi @halokampus adalah sebagai berikut:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasien Covid-19 Bisa Kena Happy Hypoxia, Kenali Penyebab dan Gejalanya

  1. Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai Februari 2021
  2. Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mulai April 2021
  3. Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai Juni 2021
  4. Pendaftaran Ujian Mandiri mulai Juni-Agustus 2021

Pada 2020 ini pendaftaran ujian masuk PTN 2021 dilaksanakan pada 14-27 Februari 2020. Kemudian seleksinya dilakukan pada 28 Februari-3 April 2020 dan diumumkan pada 4 April 2020.

Wabah Covid-19

“Dari tahun ke tahun, SNMPTN selalu konsisten dilakukan pada Februari. Jadi mungkin jadwal pelaksanaannya hanya akan berbeda 1-2 pekan dari jadwal tahun sebelumnya,” tulis pengelola akun @halokampus, dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Minggu (20/9/2020).

Kemudian, untuk jadwal UTBK pelaksanaan pada 2019 dengan 2020 berbeda sebulan lebih. Perubahan jadwal terjadi lantaran pemerintah dan panitia pelaksanaan ujian harus melakukan persiapan lebih di tengah wabah Covid-19.

Ulang Tahun, RM BTS Sumbangkan Rp1,2 M untuk Museum Seni Nasional

“Dengan asumsi tahun depan sudah ada vaksin virus corona, pemerintah dan pelaksana bisa lebih siap dibandingkan dengan 2020. Maka jadwalnya harusnya tak beda jauh dengan 2019 sebelum adanya Covid-19,” lanjut akun tersebut.

Selanjutnya Seleksi Mandiri umumnya dilaksanakan setelah UTBK berlangsung. Namun, tak menutup kemungkinan pendaftarannya dibuka lebih awal. Apabila UTBK selesai dilaksanakan pada Juni 2021, perkiraan Seleksi Mandiri bisa dilakukan mulai Juni-Agustus 2021.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya