SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Keyboard laptop. (Terminaltekno.id)

Solopos.com, SOLO — Keyboard menjadi bagian penting perangkat komputer termasuk laptop. Apabila bermasalah, ada beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang bisa dilakukan.

Keyboard yang di bagian atasnya ada sejumlah huruf dan angka serta tombol-tombol lain yang membantu penggunanya dalam menggunakan laptop atau perangkat komputer.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketika mengerjakan tugas atau menyusun laporan, peran keyboard sangat penting karena digunakan untuk menulis kalimat dan deretan angka.

Sebagai komponen penting, maka fungsi keyboard harus dijaga jangan sampai bermasalah. Jika bermasalah Anda bisa mengatasinya.

Berikut cara memperbaiki keyboard laptop yang bisa dilakukan sebagaimana dikutip dari Terminaltekno.id dan Teknoinside.com.

Baca juga: Begini Cara Transfer Obrolan WhasApp dari Android ke iOS

Restart laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop bisa dimulai dengan restart laptop Anda untuk bisa membenahi sistem operasi pada laptop secara langsung.

Cek driver laptop

Setiap komponen hardware pada laptop umumnya akan membutuhkan sebuah driver agar bisa berfungsi dengan baik, begitu juga dengan keyboard.

Caranya lewat control panel > device manager. Pilih keyboard, di sana akan ada driver yang sudah terinstall. Pastikan bahwa drivernya cocok atau sudah di versi terbaru.

Atau klik kanan, pilih update untuk memperbaruinya. Atau bisa juga pilih uninstall, kemudian restart laptop agar drivernya terinstall otomatis kembali.

Baca juga: Ini Daftar Harga HP Xiaomi Juli 2022, Sesuaikan Budget Anda

Restore system laptop

Kemudian cara memperbaiki keyboard laptop bisa dengan melakukan system restore. Dengan cara ini dapat mengembalikan kondisi sistem ke waktu sebelum mengalami eror di keyboard laptop.

Lepas baterai laptop

Cara lainnya dengan melepas baterai laptop. Matikan laptop, lepaskan baterai dan kabel adapternya biarkan sekitar satu menit. Setelah itu tekan lama tombol power selama satu menit, masukkan kembali baterai dan hidupkan laptop kembali.

Rutin bersihkan keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop lainnya adalah dengan rutin membersihkan keyboard, bisa dengan kain lembut atau tisu. Bila perlu bersihkan sampai ke bagian dalam agar debu yang masuk juga ikut hilang.

Baca juga: Tips Memilih Laptop yang Tepat untuk Ilustrator Digital

Pakai on-screen keyboard

Tidak hanya itu, cara memperbaiki keyboard laptop bisa dengan on-screen keyboard. Cara melakukannya dengan buka ‘Accessibility’ pada bagian ‘Program’.

Lalu ‘Accessories’, kemudian pilih ‘On-Screen Keyboard’. Apabila sudah untuk menggunakannya hanya perlu klik huruf atau angka di dalamnya.

Gunakan keyboard eksternal



Keyboard eksternal adalah keyboard yang dipasang diluar keyboard laptop dengan cara disambungkang melalui USB. Ini hanya untuk sementara sebelum Anda membawa ke service laptop.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya