Ini Batu Cinta Panembahan Senopati & Nyi Roro Kidul di Parangkusumo

Dua batu karang di kompleks Cepuri Pantai Parangkusumo, Bantul, DIY, diyakini sebagai tempat "bercinta" atau pertemuan antara Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul.
SHARE
Ini Batu Cinta Panembahan Senopati & Nyi Roro Kidul di Parangkusumo
SOLOPOS.COM - Batu cinta yang menjadi tempat bertemu Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul di Pantai Parangkusumo, Bantul. (Facebook)

Solopos.com, BANTUL — Pantai Parangkusumo di Kabupaten Bantul, DIY, menyimpan kisah misteri tentang Penambahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul. Konon di sana ada batu yang disebut sebagai tempat pertemuan antara Raja Mataram dengan Penguasa Laut Selatan itu.

Lokasi batu tersebut berada di kompleks Cepuri Parangkusumo. Di sana ada dua batu karang yang diyakini menjadi tempat bertemunya Danang Sutawijaya yang kemudian menjadi Raja Mataram dengan Nyi Roro Kidul.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (15/1/2022), kisah cinta Danang Sutawijaya dan Nyi Roro Kidul terjadi jauh sebelum kejayaan Kerajaan Mataram. Saat itu, Danang bersemedi di pantai agar hajatnya menjadi Raja Mataram terkabul.

Baca juga: Tempat Bercinta Panembahan Senopati & Nyi Roro Kidul di Parangkusumo

Menurut cerita yang berkembang, semedi yang dilakukan Danang Sutawijaya membuat air laut bergejolak. Ombak tersebut menimbulkan hawa panas yang membuat Ratu Laut Kidul keluar dari istananya.

Di tepi Pantai Parangkusumo, Nyi Roro Kidul bertemu dengan pria gagah yang bersemedi. Dia lantas menanyakan keinginan Danang Sutawijaya dan berniat membantunya.

Kala itu Nyi Roro Kidul mengajukan syarat agar Danang Sutawijaya dan keturunannya yang menjadi Raja Mataram harus bersedia menjadi suaminya. Keduanya pun menyepakati perjanjian tersebut.

Baca juga: Ini Lokasi Gerbang Istana Ratu Kidul di Pantai Parangkusumo Jogja

Pertemuan Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul itu terjadi di batu karang yang kini dikenal dengan nama Sela Gilang Parangkusumo. Batu yang dijuluki sebagai batu cinta itu berada di kompleks Cepuri Parangkusumo yang dianggap sebagai gerbang menutu Keraton Laut Kidul.

Kisah misteri tersebut memunculkan anggapan bahwa Pantai Parangkusumo adalah Keraton Laut Kidul. Sampai saat ini pihak Keraton Jogja masih rutin menggelar acara Labuhan untuk Ratu Kidul.

Selain itu, banyak orang yang datang ke sana untuk berziarah dan bertapa, khususnya pada malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago