SOLOPOS.COM - liputan6.com

Solopos.com, JAKARTA – Berembusnya inovasi kendaraan yang diklaim ramah lingkungan berupa kendaraan listrik membuat produsen otomotif mulai berani unjuk gigi. Sejumlah pabrikan bahkan memasukan sejumlah varian kendaraan listrik penuh (full electric) maupun kendaraan bersistem hybrid. Lantas apa saja kendaraan full listrik tersebut?

 

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hyundai Kona

Hyundai Kona EV
Hyundai Kona EV/hyundai.com

Pabrikan otomotif Korea Selatan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan Hyundai Kona Listrik (EV) pada Desember 2020. Mobil ini menggunakan motor listrik 118 HP dengan torsi 295 Nm. Tenaga motor listrik dipasok oleh baterai Li-Ion Polymer 38,3 kWh. Mobil ini punya kecepatan maksimal 155 km/ jam. Sedangkan untuk pengecasan butuh 9 jam untuk normal charging. Jika pakai fast charging hanya butuhkan 75 menit agar baterai terisi 80%.  Hyundai Kona Electric dijual mulai Rp674,8 juta (OTR Jakarta).

 

Hyundai Ioniq

Hyundai ioniq
Hyundai Ioniq/ liputan6.com

Hyundai Ioniq 2021 adalah sedan 5 seater yang diluncurkan bareng Hyundai Kona EV. Ioniq EV dibekali baterai litium polimer yang sanggup menghasilkan daya 38,3 kWh atau setara sebesar 38.300 watt. Dalam sekali pengisian baterai bisa dipakai untuk jarak tempuh 373 km. Ionic hadir dalam dua varian yakni Prime dibanderol Rp637 Juta (OTR Jakarta) serta varian Signature Rp677 Juta (OTR Jakarta). Hebatnya Hyundai masih menggratiskan biaya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Pulau Jawa.

 

BMW i3

bmw i3s
BMW i3s/liputan6.com

Pabrikan asal Jerman, BMW pun tak ketinggalan mendatangkan mobil listrik i3s untuk konsumen Indonesia sejak 2019 lalu. Mobil mungil ini punya motor listrik dan baterai berdaya 42,2 kWh. Hasilnya semburan tenaga 184 HP dan torsi 270 Nm bisa didapatkan i3s ini. Bentuknya yang mungil dianggap paling ideal untuk digunakan di padatnya arus lalu lintas kota besar. Jangan lupa siapkan uang Rp1,34 miliar (OTR Jakarta) jika ingin meminang si mungil i3s.

 

Lexus UX 300e

Lexus UX 300
Lexus UX 300 e/Lexus.com

Mobil yang satu ini memang jarang terlihat di jalan raya Indonesia. PT Toyota Astra Motor merilis mobil listrik Lexus UX 300e langsung CBU dari Jepang. Lexus UX 300e membopong motor listrik berkapasitas 54,35 kWh. Hasilnya tenaga 201 HP dan torsi 300 Nm dengan pengisian baterai 5-6 jam yang sanggup hasilkan jarak tempuh 300 km. Jika pakai DC Fast Charging di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum cuma butuh 50 menit. Lexus UX 300e dibanderol Rp1,245 miliar.

 

Tesla Model 3

Tesla Model 3
Tesla Model 3/Tesla.com

Pabrikan Tesla termasuk yang terbanyak memiliki varian mobil listrik untuk konsumen Indonesia. Ada 6 varian salah satunya adalah Tesla Model 3 yang dihadirkan Prestige Motorcars selaku importir umum (IU) Tesla di Indonesia. Tesla Model 3 facelift mampu menempuh jarak 400 km dengan sekali pengisian baterai selama 4 jam. Mobil ini  dijual seharga  Rp1,5 miliar on the road (OTR Jakarta) dengan garansi produk 2 tahun dan 8 tahun garansi baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya