SOLOPOS.COM - Seorang karyawan menuntun sepeda motor yang terendam banjir rob. (Autofun.co.id)

Solopos.com, SOLO — Banjir rob yang melanda sejumlah daerah di pesisir utara Jawa Tengah selain menyebabkan rumah warga terendam juga banyak sepeda motor milik karyawan terendam banjir rob.

Karena di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas Semarang atau di dekat lokasi banjir rob yang menyebabkan tanggul jebol banyak pabrik atau perusahaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Akibatnya sepeda motor milik karyawan yang terparkir dan tidak dipindah akhirnya terendam banjir. Banyak karyawan yang kemudian mendorong sepeda motor di tengah banjir rob.

Sepeda motor yang terendam banjir rob hingga jok membuat karyawan tidak berani menghidupkan mesin. Karena bahaya jika motor kena banjir rob langsung dinyalakan.

Berikut bahaya motor terekan banjir rob yang dikutip Solopos.com dari Otosia.com, Motorbanter.com dan Gridoto.com.

Baca juga: Ada Bengkel Gratis, Warga Terdampak Rob Semarang Hemat Ratusan Ribu

Bahaya jika motor kena banjir rob hingga di atas blok mesin bahkan hingga jok motor langsung dinyalakan atau memutar kunci pada posisi on.

Karena itu jika langsung dihidupkan berpotensi menyebabkan rusak ECU (Eletronic Control Unit). Perlu diketahui bahwa air laut memiliki sifat konduktor atau penghantar listrik.

Selain itu komponen elemen di dalam kelistrikan bisa mengalami korsleting karena hubungan arus listrik yang tidak terkendali.

Selain itu air memiliki sifat melarutkan sehingga cairan pendingin, cairan pelumas mesin, dan transmisi yang terpisah akan berpotensi berubah dan kotor.

Baca juga: Sakura, Mobil Listrik Nissan Yang Dijual Seharga Rp200 Jutaan

Bahaya motor kena banjir rob berisiko masuk ke dalam silinder. Apabila langsung dihidupkan akan berisiko mengalami water hammer dimana piston bisa jebol dan setang piston bengkok.

Kemudian tuas rem dan perseneling underbone kaku. Hal ini disebabkan laher atau bearing motor berkarat akibat air rob mengandung garam.

Kemudian bahaya ketika motor terkena banjir rob atau air laut adalah rantai motor yang berisik. Hal ini disebabkan karena oli rantai yang mengering.

Karat juga mengancam pada leher knalpot dan bagian lainnya. Ruji motor juga menjadi kusan, krom pada beberapa bagian motor juga bakal mengelupas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya