SOLOPOS.COM - Ilustrasi Plat Nomor Klaten (Pemerintahkota.com)

Solopos.com, SOLO — Setiap kendaraan baik sepeda motor maupun mobil selalu terpasarng pelat nomor. Pelat nomor yang terpasang selain sebagai bukti legalitas juga menunjukan wilayah dan jenis kendaraan.

Sebagai salah satu contohnya adalah pelat nomor AD, adalah pelat nomor untuk wilayah Soloraya. Yang meliputi Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Sragen.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Namun jika hanya huruf depan saja tentu akan membingungkan, kenapa pelat nomor kendaraan di Kota Solo dan enam kabupaten sama semua hanya AD. Nah agar tidak bingung maka selain huruf AD diikuti angka kemudian diikuti huruf di belakangnya.

Baca juga: Mobil Apa Saja Yang Cocok Pakai Pertamax? Simak Ini

Dikutip dari Auto2000.co.id dan Pemerintahkota.com, pada awalnya pelat nomor kendaraan wilayah Soloraya hanya menggunakan satu huruf di belakangnya. Huruf tersebut menunjukan kota/kabupaten kendaraan.

Namun, seiring bertambahnya jumlah kendaraan akhirnya huruf di bagian belakang pelat nomor menjadi dua huruf. Hingga nanti ketika jumlah kendaraan semakin banyak maka ada tiga huruf di bagian belakang.

Huruf di belakang tersebut ternyata tidak hanya menunjukan kota atau kabupaten dari kendaraan tersebut. Namun juga menunjukan jenis kendaraan dari pengguna pelat nomor tersebut.

Baca juga: Catat! Penggunaan Aksesori Mobil Selain Buat Tampilan Juga Keamanan

Berikut kode huruf belakang di pelat nomor wilayah Soloraya di mana huruf depannya sama yakni AD. Kota Solo kode huruf belakang *A/*H/*S/*U contohnya menjadi AD 1234 *A. Kabupaten Boyolali huruf belakangnya *D/*M/*W contoh AD 1234 *D.

Selanjutnya Kabupaten Karanganyar huruf belakang *F/*P/*Z contoh AD 1234 *P, Kabupaten Klaten huruf *C/*L/*J/*Q/*V contoh AD 1234 *V. Kabupaten Sragen huruf belakang *E/*N/*Y contoh AD 1234 *E, Kabupaten Sukoharjo huruf belakang *B/*K/*O/*T contoh AD 1234 *B, dan Kabupaten Wonogiri huruf belakang *G/*I/*R contoh AD 1234 *G

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya