SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (21/8/2021). Sirkuit internasional Mandalika sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan memiliki kelebihan diantaranya lokasi sirkuit dikelilingi panorama perbukitan dan laut yang indah dan lintasan utama sirkuit menggunakan teknologi aspal terbaru "stone mastic asphalt" (SMA) dan disebut merupakan yang terbaik di dunia bahkan mengalahkan Sirkuit Sepang.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

Solopos.com, LOMBOK — Sosok arsitek yang merancang desain Sirkuit Mandalika Lombok, NTB, mencuri perhatian pembalap Valentino Rossi. Siapakah arsitek yang menciptakan keindahan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah ini?

Dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (3/10/2021), arsitek Sirkuit Mandalika Lombok berasal dari Inggris. Perusahaan dari Inggris, Populous ditunjuk sebagai pengembang sirkuit dengan 17 tikungan ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami percayakan kepada Populous, mereka sudah memiliki nama besar untuk membangun venue olahraga di seluruh dunia,” jelas Direktur Indonesia Tourisme Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer, Senin (25/2/2019) silam.

Baca juga: Deretan Fasilitas Keren di Sirkuit Mandalika: Ada Heliped Hlo

Populous merupakan perusahaaan yang sudah berpengalaman dan kerap menggelar acara internasional di bidang olahraga, salah satunya adalah membangun Stadion Wembley.

Memiliki keindahan hasil arsitek Populous, kawasan Mandalika Lombok termasuk sirkuit merupakan salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas dari Kementerian Pariwisata dan layak menjadi lokasi wisata olahraga atau sport tourism.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism, kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” ujar dia dikutip dari Bisnis.com (17/1/2021).

Baca juga: Menelusuri Selat Muria, Cikal Bakal Kota-Kota Pantura Jateng

Sebelumnya ITDC juga sempat dikabarkan menggandeng Vinci Cosntruction yang merupakan investor asal Prancis untuk membangun Sirkuit Mandalika Lombok.

Seperti diketahui, pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah ini sedang dikebut. Sirkuit ini akan menjadi venue berbagai ajang balapan kelas dunia.

Oleh sebab itu, sirkuit tersebut dibangun dengan dana jor-joran. Semua fasilitasnya dibuat dengan kelas 1, mulai dari heliped, medical center, hingga lintasan dengan aspal terbaik demi mendukung balapan.

Baca juga: Vaksinasi ODGJ di Klaten: Dikasih Duit Biar Mau Disuntik

Aspal Terbaik di Dunia

Dikutip dari Okezone.com, aspal di Sirkuit Mandalika disebut jauh lebih bagus daripada di Sirkuit Sepang Malaysia. Sirkuit ini menggunakan aspal terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA) dan disebut merupakan yang terbaik di dunia.

SMA merupakan merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diperuntukkan demi memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan meski volume aspalnya sedikit.

Baca juga: Mandalika, Sirkuit Terindah di Dunia? Ini Faktanya

Aspal jenis ini membuat jalanan lebih mulus, sehingga pembalap tidak mudah tergelincir saat kondisi hujan dan mengurangi risiko pembalap jatuh saat melintas di trek basah.

Untuk mendukung penggunaan SMA ini, pihak pengembang mendatangkan batu Tau agregat kasar dari Palu, Sulawesi Tengah yang terkenal dengan kekerasannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya