SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati wahana Ayunan Langit di Wisata Gumuk Reco, Desa Wisata Sepakung, Banyubiru, Semarang. (Bisnis-Muhammad Faisal Nur Ikhsan)

Solopos.com, JAKARTA — Masyarakat Jawa Tengah bakal tetap bisa melancong bersama keluarganya selama libur Lebaran 2021. Pasalnya, sebagian objek daya tarik wisata di Jateng bakal tetap beroperasi. Salah satu tujuan wisata Lebaran itu berada di Kabupaten Semarang dan Temanggung, Jateng.

Ahmad Nuri, Kepala Desa Sepakung, mengungkapkan bahwa BUM-Des wisata yang dikelolanya bakal tetap menyambut wisatawan yang akan datang selama libur Lebaran 2021. “Kita tetap melayani pengunjung, wisata tetap buka,” jelasnya ketika dihubungi Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Rabu (5/5/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meskipun demikian, Ahmad juga mengungkapkan bahwa pengelola Desa Wisata Sepakung sebagai tujuan wisata Lebaran di Jateng bakal membatasi jumlah pengunjung yang masuk agar tidak terjadi kerumunan. “Kita batasi pengunjung sampai 50% dari kapasitas yang ada,” tambahnya.

Baca Juga: Zodiak Ini Menurut Astrologi Paling Ambisius

Pembatasan jumlah kunjungan juga diberlakukan di Kabupaten Temanggung. Arbai Muchammad, Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Temanggung, mengatakan bahwa semua DTW bakal mendapat izin operasional. Meskipun demikian, pengelola mesti menaati aturan pembatasan jumlah pengunjung juga pembatasan jam operasional.

“Jumlah pengunjung dibatasi hanya 30% dari kapasitas dan buka sampai pukul 15.00 WIB. Semua tempat wisata buka,” jelas Arbai dalam keterangan resminya.

Izin operasional tersebut sesuai dengan arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Andrie Arfianto, Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Kabupaten Temanggung, menjelaskan bahwa pengelola DTW juga diwajibkan untuk melakukan penilaian mandiri terkait kesiapan mereka dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Dipantau Satgas Covid-19

“Satgas Covid-19 juga akan melakukan monitoring dan peninjauan ke beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Temanggung. Hal ini bertujuan untuk memastikan ditaatinya prokes oleh para pengelola destinasi wisata,” jelas Andrie.

Pada perkembangan lainnya, di Kabupaten Magelang, jalur pendakian Gunung Sumbing bakal ditutup selama sepekan. Tepatnya pada tanggal 10 hingga 16 Mei 2021. Lilik Setyawan, Kepala Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, menyebutkan bahwa keputusan tersebut diambil agar warga dapat merayakan Lebaran tanpa terganggu kegiatan wisata di objek daya tarik Jateng itu

“Saat Lebaran, warga stempat memiliki adat silaturahmi atau mengunjungi kepada orang-orang yang lebih tua untuk meminta maaf. Jadi jangan sampai anak-anak atau generasi [muda] lebih mementingkan wisata daripada silaturahmi,” jelas Lilik.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya