SOLOPOS.COM - Kantor Bawaslu Wonogiri Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Selasa(9/9/2022). Bawaslu Wonogiri membuka rekrutmen panwascam pemilu 2024. Sebanyak 150 panwascan akan direkrut Bawaslu Wonogiri yang akan disebar di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRIBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri terus mendorong seluruh elemen masyarakat agar terlibat dalam pengawasan partisipatif di Pemilu 2024. Pengawasan dilakukan agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berkualitas.

Pengawasan partisipatif merupakan aktivitas memastikan proses tahapan-tahapan Pemilu dengan cara mengumpulkan data, informasi serta menginventarisasi temuan kasus terkait pelaksanaan Pemilu yang dilakukan oleh kelompok masyarakat atau organisasi yang independen dan nonpartisan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peran masyarakat dapat diwujudkan dengan memantau dan mengumpulkan informasi pada tahapan Pemilu yang diawasi. Selain itu, mencatat, mengumpulkan data/informasi, dan melaporkan hasil pengawasan kepada pengawas pemilihan terdekat.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi Bawaslu Wonogiri, Isnawati Sholihah, mengatakan pengawasan bertujuan meminimalisasi terjadinya pelanggaran dalam Pemilu, di antaranya hilangnya hak pilih, terjadinya politik uang, hingga adanya manipulasi suara.

“Guna mencegah itu, solusinya mendorong partisipasi masyarakat ikut mengawasi Pemilu, baik itu dilakukan seluruh elemen masyarakat [pemilih] maupun partai politik [peserta Pemilu],” ungkap dia di sela-sela rapat koordinasi (Rakor) sosialisasi pengawasan partisipatif di Ngadirojo, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Lowongan Panwascam Wonogiri Dibuka 21 September, Simak Jadwal Lengkapnya!

Berikut ini, alasan mengapa masyarakat harus terlibat dalam pengawasan di Pemilu 2024:

1. Memastikan terlindunginya hak politik warga masyarakat.

2. Memastikan terwujudnya Pemilu yang bersih, transparan, dan berintegritas dari sisi penyelenggaraannya.

3. Mendorong terwujudnya Pemilu sebagai instrumen penentuan kepemimpinan politik dan evaluasi kepemimpinan politik.

Baca Juga: Bawaslu Wonogiri Butuh 150 Anggota Panwascam untuk Pemilu 2024

4. Mencegah terpilihnya calon-calon pemimpin yang korup dan tidak amanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya