SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN–Polres Klaten kembali menggencarkan vaksinasi Covid-19 setelah tarawih, Sabtu (16/4/2022) malam. Vaksinasi saat malam itu ternyata jitu mendongkrak cakupan vaksinasi terutama dosis ketiga atau booster.

Sejumlah warga yang berdatangan mengaku mengikuti vaksinasi untuk mendapatkan vaksinasi booster setelah menerima vaksinasi dosis 1 dan dosis 2. Mereka antusias mengikuti vaksinasi booster untuk memenuhi persyaratan mudik Lebaran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah satu warga yang tinggal di Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Rafi, 19, menjelaskan ingin segera mendapatkan vaksinasi booster untuk pulang kampung ke Padang, Sumatra Barat. Selain agar mudik lebih tenang, dia memanfaatkan gerai vaksinasi Polres itu lantaran terbuka untuk umum dan gratis.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya sudah hampir dua tahun belum pulang kampung. Lebaran tahun kemarin belum bisa pulang kampung. Rencana pulang ke Padang Senin [18/4/2022],” kata Rafi saat ditemui Solopos.com di sela vaksinasi, Sabtu malam.

Lain halnya dengan Asep Yulan, 42, warga Kecamatan Trucuk yang datang seorang diri ke Gedung Sunan Pandanaran untuk mendapatkan vaksinasi booster. Niatannya mendapatkan vaksinasi booster untuk memenuhi syarat perjalanan keluar kota. “Rencana mau ke Depok main ke tempat adik. Kalau tidak salah untuk bepergian katanya ada syarat sudah vaksinasi booster,” jelas Asep.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan antusias warga mengikuti program vaksinasi saat ngabuburit serta vaksinasi setelah tarawih yang digencarkan sejak awal Ramadan sangat tinggi. Dia mencontohkan saat vaksinasi setelah tarawih yang digelar pada Kamis (14/4/2022) malam, jumlah warga yang secara mandiri berdatangan untuk ikut vaksinasi mencapai 522 orang. Pada Sabtu malam, jumlah warga yang berdatangan tak kalah banyak dibandingkan sebelumnya dan disiapkan sekitar 500 dosis vaksin.

Kapolres menjelaskan vaksinasi setelah tarawih itu digelar mengakomodasi usulan warga. Sejumlah warga terkendala mengikuti vaksinasi saat pagi atau siang lantaran harus bekerja.

Terkait capaian vaksinasi Covid-19 di Klaten hingga Sabtu malam, Kapolres menjelaskan untuk vaksinasi dosis 1 mencapai 92,26% dari total target sekitar 1 juta warga Klaten. Vaksinasi dosis 2 sebesar 87,78%. Serta vaksinasi dosis 3 atau booster 20,87%. “Harapannya nanti menjelang Idulfitri minimal 30% warga Klaten sudah menerima vaksinasi dosis 3,” kata Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya