Ini Alasan Pengantin Wajib Tebar Benih Ikan di KUA Karanganom Klaten

Kewajiban pengantin tebar benih ikan di KUA Karanganom bermula dari kondisi Sungai Karanganom di depan kantor KUA sering dipenuhi sampah.
SHARE
Ini Alasan Pengantin Wajib Tebar Benih Ikan di KUA Karanganom Klaten
SOLOPOS.COM - Pengantin dan tamu undangan menebar benih saat launching Pengantin Karanganom Tebar Benih di KUA Karanganom, Kamis (27/1/2022). Penebaran benih ditujukan peduli lingkungan sekitar. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN—Kantor Urusan Agama (KUA) Karanganom Klaten mewajibkan pengantin menebar benih di Sungai Karanganom di depan Kantor KUA Karanganom. Program unik itu diluncurkan Kamis (27/1/2022) dengan alasan peduli terhadap lingkungan.

Kepala KUA Karanganom, Muslih, saat ditemui wartawan di sela-sela launching Pengantin Karanganom Tebar Benih di KUA setempat, mengatakan peluncuran kewajiban pengantin tebar benih di KUA Karanganom bermula dari kondisi Sungai Karanganom di depan kantor KUA sering dipenuhi sampah. Pemandangan seperti itu terjadi sekitar dua tahun lalu atau jauh sebelum pandemi Covid-19.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Berangkat dari kondisi banyaknya sampah itu, KUA Karanganom berinisiatif peduli terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga: Unik! Nikah di KUA Karanganom Klaten, Pengantin Wajib Tebar Benih Ikan

“Di sini, kami tak hanya Jarkoni alias isoh ngajar tapi ora isoh nglakoni. Kami sendiri ikut menyebar 600 benih ikan. Di sini, kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa sungai tempat kehidupan ikan. Bukan untuk membuang sampah atau pun buang air besar (BAB). Sehingga ekosistem sungai terjaga dan semoga bisa bermanfaat bagi semuanya. Kegiatan pengantin tebar benih ini baru ada di Karanganom,” katanya.

Salah seorang pengantin wanita, Herlina Wulansari, 25, warga Pondok, Kecamatan Karanganom, mengapresiasi gagasan yang diwujudkan KUA Karanganom. Melalui tebar benih ikan, dirinya telah turut serta peduli terhadap lingkungan.

“Program ini bagus. Bisa mengedukasi ke masyarakat bahwa sungai itu memang tempat hidup ikan. Jadi bukan untuk buang sampah. Saya dan suami hari ini juga menebar 500 benih ikan,” katanya.

Baca Juga: Unik! Usai Resepsi, Pengantin Klaten Tebar Benih Ikan di Kali Pusur

Hal senada dijelaskan Ketua TP PKK Kecamatan Karanganom, Yanti Slamet Samudra. Program kepedulian lingkungan yang digagas KUA Karanganom layak diapresiasi dan didukung penuh.

“Dari kegiatan ini, kami bermimpi semua desa di Karanganom juga bisa melakukan hal yang sama [menggencarkan penebaran benih ikan di sungai di wilayah masing-masing],” katanya.

Manajer Corporate Social Responsibility (CSR) PT Tirta Investama Aqua, Rama Zakaria, mengatakan penebaran benih ikan termasuk upaya mengembalikan fungsi sungai yang sebenarnya. “Ini menjadi upaya pelestarian juga. Kepada para pengantin, kami ucapkan selamat dan semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago