SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemiskinan. (Antara-Aprillio Akbar)

Solopos.com, SRAGEN — Kelurahan Sragen Wetan menjadi desa/kelurahan dengan angka kemiskinan tertinggi di Kabupaten Sragen. Fakta ini terdengar agak ironis mengingat Kelurahan Sragen Wetan berada di kecamatan yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Sragen, yakni Sragen.

Lurah Sragen Wetan, Prima Ady Surya,  membenarkan jumlah keluarga miskin di wilayahnya mencapai 1.424 keluarga atau yang tertinggi se-Kabupaten Sragen. “Data kami memang seperti itu. Kami koordinasi lagi dengan pihak terkait untuk verifikasi dan evaluasi data penduduk yang masuk dalam DTKS [data terpadu kesejahteraan sosial],” ujarnya, Jumat (15/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia punya alasan kenapa Sragen Wetan memiliki angka kemiskinan tertinggi. Salah satunya karena data tersebut diambil saat pandemi Covid-19. Banyak warganya yang jadi miskin karena dampak pandemi Covid-19.

“Mereka yang kena dampak pandemi ekonominya mandek dan tidak ada pemasukan. Data kemiskinan terbanyak karena data penduduk di Sragen Wetan juga terbanyak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sragen, Finuril Hidayati, menyebut kemiskinan tertinggi memang ada di Kecamatan Sragen karena penduduknya paling banyak.

Baca Juga: Ini Sejumlah Desa yang Masuk Daftar Kemiskinan Ekstrem di Sragen

“Kenapa [Sragen Wetan] tidak jadi pilot project dalam Desa Tuntas Kemiskinan? Karena fokus Pemkab masih di desa, bukan kelurahan. Desa kan rawan konflik kepentingan Pilkades soal data kemiskinan itu,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com..

Seperti diberitakan, dari 51 desa/kelurahan yang masuk zona merah kemiskinan di Kabupaten Sragen, ternyata daerah dengan angka kemiskinan tertinggi tidak berada di kawasan pinggiran. Melainkan di Kecamatan Sragen yang notabene ibu kota Kabupaten Sragen.

Kelurahan Sragen Wetan di Kecamatan Sragen menjadi yang paling banyak angka kemiskinannya dari 51 desa/kelurahan tersebut. Di kelurahan ini ada 1.424 keluarga miskin.

Baca Juga: Ini Daftar 51 Desa/Kelurahan Zona Merah Kemiskinan di Sragenagen

Desa/kelurahan dengan angka kemiskinan terbanyak kedua juga ada di Kecamatan Sragen. Kelurahan itu yakni Sragen Kulon dengan 1.371 keluarga miskin.

Desa/kelurahan dengan angka kemiskinan terbanyak ketiga baru berada di wilayah pedesaan, yakni di Ngargotirto, di Kecamatan Sumberlawang. Di sana ada 1.356 keluarga miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya