SOLOPOS.COM - Foto Ridwan Kamil dan Atalia bersama Ariel Noah (Instagram)

KPAI mengkritik foto Ariel Noah bersama Ridwan Kamil.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) baru-baru ini mengkritik postingan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Wali Kota Bandung dan istrinya, Atalia diketahui sempat mengunggah foto saat bersama dengan Ariel Noah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

KPAI beralasan, foto yang diunggah oleh Ridwan Kamil itu dinilai tidak memiliki sensifitas. Mengingat pria yang biasa disapa Kang Emil itu adalah pejabat publik yang harus memberikan teladan yang baik.

“Pejabat publik harusnya punya sensitivitas lebih agar bisa dijadikan teladan masyarakat. Dan secara khusus teladan itu ada di anak-anak,” ujar Ketua KPAI, Asrorun Niam Sholeh, seperti dilaporkan situs KPAI, Kamis (15/9/2016).

“Soal foto, itu ada aspek hukum, ada aspek kepatutan. Tidak semua yang tidak bertentangan dengan hukum itu memiliki kepatutan. Ini yang musti dipahami, apalagi ini terkait dengan pejabat publik,” lanjutnya.

Asrorun menilai, pejabat seharusnya tidak permisif pada orang yang pernah terlibat kasus seksual. Seperti diketahui, Ariel memang sempat tersandung kasus pornografi beberapa waktu lalu.

“Tentu ada banyak foto lain yang menginspirasi yang bisa dicontoh dan teladan oleh anak-anak. Ini babnya bukan sekadar bab hukum tapi juga soal kepantasan dan kepatutan,” imbuhnya.

“Sikap yang harus ditunjukkan ialah dari hulu hingga hilir. Hulunya dengan pemberatan hukuman. Hilirnya pada kesadaran kolektif kita untuk tidak memberikan ruang toleransi kepada permisifitas tindak kejahatan seksual,” lanjutnya.

Sementara itu, kritikan KPAI itu sempat menuai beragam kecaman dari publik. Banyak yang berpendapat jika KPAI seharusnya mengurus hal yang lebih penting daripada sekedar foto Ridwan Kamil dengan Ariel.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya