Ini Alasan Kamu Harus Punya Gudang di Rumah

Jika diurus dengan seksama, gudang akan menjadi ruangan yang sangat berguna di rumah. Bahkan bisa menjadi pemanis desain ruangan rumahmu.
Ini Alasan Kamu Harus Punya Gudang di Rumah

Solopos.com, SOLO – Ketika membangun rumah, kamu pasti menginginkan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Kamu memikirkan segala sesuatunya, mulai dari pola desain ruangan, pemilihan bahan bangunan, dan pemilihan warna cat tembok.

Berbicara tentang pola desain ruangan, ada satu ruangan yang sering dianggap tidak penting oleh sebagian orang, yaitu gudang. Gudang merupakan ruangan khusus di rumah yang biasanya dipakai sebagai ruang penyimpanan benda-benda tak terpakai. Itulah yang menimbulkan stigma bahwa gudang seringkali dianggap tempat yang kotor dan berantakan.

Karena kurang terurus, ruangan satu ini biasa menjadi sarang binatang seperti tikus, kecoa, lalat, dan belatung. Padahal jika diurus dengan seksama, gudang akan menjadi ruangan yang sangat berguna di rumah. Bahkan bisa menjadi pemanis desain ruangan rumahmu.

Baca Juga: Bikin Desain Rumah Unik dengan Material Corten Steel

Bersumber dari futuready.com pada Kamis (08/07/2021), berikut berbagai alasan kamu harus mempunyai gudang di rumah dan memperlakukan gudang supaya kondisinya tetap enak dipandang:

Sebagai tempat penyimpanan benda yang jarang dipakai
Jika punya sepatu, alat dapur atau alat perkakas yang jarang dipakai, kamu bisa meletakkannya di gudang. Inilah fungsi utama gudang. Atur barang-barang tersebut dengan rapi dan pisahkan berdasarkan jenis barangnya supaya kamu mudah mencarinya ketika hendak dipakai.

Sebagai tempat penyimpanan benda yang sering dipakai
Ini yang jarang orang ketahui. Gudang bisa juga digunakan sebagai ruangan tempat penyimpanan barang-barang yang biasa dipakai sehari-hari. Khususnya untuk kamu yang menginginkan kamar tidur luas dan tidak dipenuhi dengan barang-barang. Gudang bisa dijadikan tempat penyimpanan pakaian satu keluarga. Jadi, setiap anggota keluarga yang hendak mengganti baju bisa menggunakan ruang ganti di gudang. Tentu posisi gudang ini harus mudah dijangkau oleh setiap anggota keluarga. Bisa dekat dengan kamar tidur atau kamar mandi utama.

Trik Menata Gudang

Gunakan boks penyimpanan
Susun boks penyimpanan pada tembok dalam gudang secara horisontal maupun vertikal. Letakkan barang-barangmu berdasar jenisnya di masing-masing boks tersebut untuk memudahkan mengenalinya. Gunakanlah boks yang terbuat dari bahan sintesis atau plastik supaya lebih awet.

Kategorisasi
Seperti perpusatakaan di sekolah yang disusun berdasarkan jenis buku, gudang juga sebaiknya menerapkan pola serupa. Misalnya kamu bisa menaruh buku-buku lama di bagian paling belakang. Perkakas dapur yang kemungkinan lebih sering digunakan diletakkan di bagian depan. Gunakan pemisah seperti tripleks berwarna atau apa pun yang mudah kamu kenali dan bedakan. Kategorisasi ini juga membuat ruangan terkesan lebih rapi dan aestetik.

Baca Juga: Split Level, Konsep Desain Rumah Asimetris yang Unik

Gunakan lemari
Kamu bisa menggunakan lemari untuk meletakkan barang-barang yang mempunyai kenangan seperti album foto, vendel, boneka. Bungkus barang-barang tersebut ke dalam plastik sebelum meletakkan di lemari. Oh iya, letakkan barangnya secara rapi ya.

Beri ventilasi
Supaya gudang tidak lembap dan pengap, kamu harus memberi ventilasi. Sirkulasi udara yang lancar membuat kelembapan di gudang menjadi normal. Selain itu kamu tidak akan sesak nafas bila sedang berada di dalam gudang.

Hindari penumpukan
Gudang berisi barang-barang berdebu sehingga pastikan tidak terjadi penumpukan barang. Apalagi kalau sampai penumpukan itu menutupi ventilasi udara. Kalau memang masalahnya ada pada jumlah barang, kamu bisa coba memilih dan memilah barang mana yang harus dibuang dan mana yang harus disimpan.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago