SOLOPOS.COM - Film Ben & Jody. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Angga Dwimas Sasongko menjelaskan ada alasan dirinya memilih untuk menggunakan senjata asli di film Ben & Jody. Hal ini  adalah agar efek senjata yang terlihat tampak lebih nyata.

“Kalau tembakan kita memang pakai practical effect. Jadi nggak ada satu pun yang pakai pistol mainan tuh nggak ada. Jadi pakai peluru hampa beneran supaya sparks-nya tuh gue pengen ketangkep di kamera.  Karena ini action yang sebenarnya realist ya. Maksudnya set-nya realist, jadi gue pengin bikin semuanya tuh tampak nyata dan practical,” jelas Angga seperti dikutip dari Antara  pada Rabu (19/1/2022).

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Lebih lanjut, Angga menjelaskan bahwa para pemain tidak memiliki banyak waktu untuk latihan menggunakan senjata asli. Namun, Angga pun menyediakan tim dari aparat yang melatih para pemain di lokasi syuting Ben & Jody untuk menggunakan senjata tersebut.

“Sayangnya kita nggak punya waktu banyak untuk latihan sebenarnya. Jadi mereka latihan di lokasi, kebetulan kita punya tim armory yang memang berasal dari aparat yang memang ngerti senjata. Ya sudah, diajarin nembak,” ungkap Angga.

Baca Juga: Visinema Pictures Segera Rilis Film Action Ben & Jody

Menurut Angga menggunakan senjata api asli di film bukan hal aneh. Banyak yang melakukan hal itu.  “Sebenarnya menggunakan senjata real tuh bukan hal yang aneh. Banyak yang melakukan itu. Itu juga ada treatment-nya. Intinya sih saya pengin punya film yang kalau bisa practical kenapa harus CGI? Walaupun banyak part-part CGI di sini yang kami pakai juga, tapi hal-hal yang bisa kita kejar secara practical saya penginnya practical,” beber  Angga.

Selain menggunakan senjata asli, Angga juga menceritakan keseruan saat syuting yaitu sempat melakukan adegan drift hingga diikat demi memegangi kamera saat syuting. Kelanjutan dari Filosofi Kopi ini mengusung genre film action.

“Mungkin untuk adegan fighting, banyak (stuntman) yang mengerjakan. Tapi ketika berbicara tentang car chase scene, itu bukan adegan yang mungkin sering dilakukan. Jadi kita sebenarnya punya stunt driver, cuma stunt driver-nya belum bisa ngikutin apa yang kita mau,” ungkap Angga saat dijumpai di Plaza Senayan, Selasa (18/1/2022).

“Ya karena dulu saya pernah balapan, akhirnya saya sendiri yang ngelakuin. Pas adegan mobil offroad, kejar-kejaran sama motor. Kebetulan itu kan mesin gede banget ya, handling-nya juga nggak mudah. Jadi ada satu gambar yang ngebut dikejar sama drone itu saya juga,” lanjutnya.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Berjaya di Kancah Perfilman Internasional Selama 2021

Lebih lanjut Angga menceritakan bahwa di salah satu adegan, wajah Reza Hilman yang berperan sebagai Jago harus terlihat sedang membawa mobil. Oleh sebab itu, Angga pun mengajari Reza untuk melakukan drift dengan menggunakan mobil bak terbuka.

“Yang paling seru sebenarnya karena ternyata di beberapa shot mukanya harus kelihatan. Awalnya saya sudah pakai bajunya Jago tuh. Tetap saja karena saya kurus kan, kelihatan ini mah. Akhirya ngelatih Jago selama 2 jam, habis itu sisanya Jago yang nerusin adegannya,” ujar Angga.

“Ada satu shoot di mana kamera harus ada di atas mobil. Di kecepatan tinggi kalau kameranya ditaruh di atas, kemungkinannya ada dua. Kalau kekencangan, kameranya akan getar sehingga gambarnya getar karena jalannya bukan aspal. Kalau agak dilonggarin kameranya bisa jatuh,” jelas Angga.

Baca Juga: Bicara Soal Kopi Indonesia, Ini Pendapat Nicholas Saputra

“Akhirnya sutradara naik ke atas. Gue yang diikat, gue yang shooting. Terus semua bilang ini nggak safety. Ya sudah kalau gue mau naik kan yang tanggung jawab diri gue sendiri. Akhirnya gue naik,” tambahnya.

Ben & Jody merupakan film ketiga dari franchise Filosofi Kopi yang diperankan oleh Rio Dewanto sebagai Jody dan Chicco Jerikho sebagai Ben. Film ini dijadwalkan akan tayang di bioskop pada 27 Januari 2022 mendatang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya