SOLOPOS.COM - Rohman Hidayat, 17, saat melantunkan doa saat Salat Tarawih di Masjid Agung At-Taqwa Wonogiri. Foto diambil belum lama ini. (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Suasana di Masjid Agung At-Taqwa, Kabupaten Wonogiri kembali semarak saat Ramadan 1443 H/2022 M. Aktivitas di masjid tersebut dianggap telah menyerupai momentum Ramadan sebelum muncul pandemi Covid-19.

Beberapa kegiatan yang digelar saat Ramadan kali ini, seperti kajian menjelang Magrib yang dimulai pukul 17.00 WB. Ceramah saat Salat Tarawih dapat dilaksanakan dalam tempo lama. Di samping itu masih ada kegiatan lainnya yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ada empat orang yang dijadwalkan mengisi kajian sebelum waktu berbuka. Sedangkan ceramah saat Salat Tarawih ada 13 orang. Jadi untuk Tarawih, setiap orang mendapat jatah mengisi kultum/ceramah dua sampai tiga kali,” kata Sekretaris III Takmir Masjid Agung At-Taqwa, Najmul Fatta, saat ditemui Solopos.com belum lama ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Vaksinasi Booster Malam Hari di Kemenag Wonogiri Disambut Antusias

Sebelum pandemi Covid-19, Masjid Agung At-Taqwa biasanya menjadi tempat menggelar Salat Idulfitri. Lokasinya di halaman masjid yang melebar hingga ke area Alun-alun Giri Krida Bakti. Namun di tahun ini, pelaksanaan salat Idulfitri baru dibahas satu pekan menjelang Lebaran.

“Biasanya satu pekan sebelum Idulfitri kami rapat, bergabung dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) se-Kabupaten Wonogiri dan takmir masjid. Pembahasannya soal teknis pelaksanaan Idulfitri, seperti penunjukkan khatib, imam, dan penata saf,” ujarnya.

Salah seorang santri di asrama masjid setempat, Rohman Hidayat, 17, mengaku sering membantu menyukseskan kegiatan di masjid selama Ramadan. Di antaranya, membantu membagikan menu takjil kepada peserta kajian menjelang berbuka. Di samping itu, menjadi pemandu niat Salat Tarawih saat ibadah tersebut dilaksanakan.

Baca Juga: Bhayangkari Wonogiri Bagikan 500 Bungkus Takjil di Lokasi Ini

“Saya sudah dua tahun nyantri di asrama Masjid Agung At-Taqwa ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya