SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil (JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam)

Solopos.com, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menawarkan jasa desain gratis bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ia juga bersedia untuk membantu promosi produk para pelaku UMKM melalui media sosial miliknya.

"Saya sedang kurasi produk-produk yang akan disetujui, yang juga saya desain. Dengan 20 juta follower [pengikut di media sosial] saya bisa membantu mempromosikan," kata Ridwan Kamil dalam sambutannya di acara "Marketeers Festival 2020" melalui video conference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, dilansir Solopos, Sabtu (19/10/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ridwan Kamil memiliki latar belakang sebagai arsitek. Karena itu dia menawarkan keahliannya mendesain produk pelaku UMKM. Hal ini dalam rangka mendukung bangkitnya 37.000 UMKM Jabar yang terdampak pandemi global Covid-19.

"Ini beyond marketing. Jadi, selain memasarkan juga menjadi desainer. Itu tawaran saya kepada produk-produk UMKM di Jabar. Jadi ada edisi Ridwan Kamil untuk sepatu, jaket, desain radio, motor, dan lain-lain. Ini tawaran kepada semua yang mau produknya saya setujui, syaratnya kita kolaborasi," tambahnya.

Demo Omnibus Law Disebut Picu Klaster, Ganjar Sarankan Ini

Bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang berminat mendapat dukungan desain dari Ridwan Kamil, Anda bisa menghubungi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar di Kota Bandung. Untuk selanjutnya akan dikurasi dan dipilih.

“Mungkin tidak bisa semua [terpilih], tapi yang beruntung akan mendapatkan promosi dan kolaborasi dari saya,” ujar Ridwan Kamil.

“Dan ini untuk pelaku UMKM di Jabar dan se-Indonesia, tapi prioritas untuk UMKM di Jawa Barat. Sekarang sudah mulai, tapi supaya terorganisasi bisa kontak ke Dinas KUK [Jabar],” katanya.

Dalam acara "Marketeers Festival 2020" ini, Ridwan Kamil juga menjelaskan bahwa untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi, pelaku UMKM khususnya di Jabar bisa memanfaatkan beberapa hal, contohnya bantuan akses modal di Bank BJB.

Pemerintah pusat pun telah menyimpan dana Rp2 triliun di Bank BJB untuk membantu memulihkan ekonomi di sektor UMKM Jabar.

Tunjang Wisata Pantai Wonogiri, Paranggupito Bakal Punya Terminal Wisata

Promosi Online

Saat ini ada begitu banyak bantuan pemerintah seperti Bantuan Presiden, dan Bantuan Langsung Tunai. Bantuan tersebut diberikan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah untuk bisa meningkatkan hasil produksi dan hasil penjualan.

Solopos melakukan wawancara dengan salah satu pakar internet marketing, Tonton Taufiq terkait dengan promosi.

Ada begitu banyak cara dengan media Internet untuk mempromosikan produk UMKM, baik itu dengan menggunakan marketplace, membuat website dan melakukan optimasi mesin pencari, maupun melakukan promosi dengan sosial media.

Ridwan Kamil Surati Jokowi Soal Buruh Tolak UU Cipta Kerja

“Para pelaku UMKM bisa melakukan peningkatan penjualan dengan menggunakan media internet. Membuat website adalah wajib, kemudian melakukan optimasi mesin pencari atau SEO dengan menggunakan jasa backlink,” pungkas Tonton saat ditemui di Kantor RajaBacklink.Com

Kemasan yang baik serta produk yang baik, akan meningkatkan hasil penjualan, meski hasilnya akan dirasakan lebih lama, namun dengan efek yang panjang.

“RajaBacklink.Com bisa menjadi salah satu cara pelaku usaha UMKM untuk mendapatkan persona mesin pencari seperti Google. Saat ini RB hanya jual backlink berkualitas, sehingga efek yang dirasakan akan lebih cepat dan berasa,” ungkap Tonton.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya