Ini 5 Wisata Jateng yang Aman Dikunjungi

Dengan dibatalkannya PPKM Level 3 ini, masyarakat diizinkan untuk melakukan perjalanan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Ini 5 Wisata Jateng yang Aman Dikunjungi
SOLOPOS.COM - Stupa dan patung Sang Buddha di Candi Borobudur (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Solopos.com, MAGELANG — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves), Jendral TNI Luhut Pandjaitan telah resmi mengumumkan rencana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 serentak di seluruh Indonesia yang sedianya berlaku pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 resmi dibatalkan.

Dengan dibatalkannya PPKM Level 3 ini, masyarakat diizinkan untuk melakukan perjalanan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Nha.. kali ini Solopos.com memberikan rekomendasi tempat-tempat liburan di Jawa Tengah (Jateng) yang aman dikunjungi selama liburan Nataru mendatang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Republik Wisata, Rabu (8/12/2021), berikut ini lima objek wisata di Jateng  yang aman dikunjungi selama liburan Nataru di tengah pandemi:

Baca Juga: Kemenpan RB Visitasi Perubahan IAIN Salatiga Jadi UIN Salatiga

Candi Prambanan

Umat Hindu membawa air suci dan sesaji saat upacara Abhiseka di pelataran Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (12/11/2021). Upacara Abhiseka merupakan prosesi penyucian dan peringatan diresmikannya Candi Prambanan pertama kali oleh Rakai Pikatan pada tahun 856 Masehi sebagai penanda puncak kekuasaan kerajaan Mataram Kuno. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.

Berlokasi di perbatasan di Kabupaten Klaten, Jateng dan Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta, Candi Prambanan menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi saat liburan. Saat memasuki candi ini, pengunjung bisa merasakan suasana historis yang kuat. Seperti yang diketahui, Candi Prambanan adalah candi Hindu yang dibangun pada abad 9 Masehi. Candi ini dibangun sebagai bentuk pemujaan kepada tiga dewa Hindu, yaitu Brahma sebagai pencipta, Wisnu sebagai pemelihara dan Siwa sebagai pemusnah.

Berlokasi di Kecamatan Prambanan, komplek candi ini terdiri dari berbagai candi dengan tiga candi  utama dan tertinggi ada pada Candi Siwa dengan tinggi 47 meter. Candi ini juga dikenal dengan kisah romansa Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso yang sangat terkenal. Kisah di mana Bandung Bondowoso membangun 1000 candi sebagai persyaratan untuk meminang Roro Jonggrang namun gagal karena sang Roro Jonggrang mengacaukan pembangunan candi tersebut hingga akhirnya Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung pelengkap candi

Candi Borobudur

Candi Borobudur (antaranews.com)

Berlokasi di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Candi Borobudur merupakan candi agama Budha terbesar di dunia. Candi ini dibangun sekitar abad ke-8 atau tahun 770 Masehi. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Syailendra.

Baca Juga: Kepala Lapas Purwodadi Diganti, Pejabat Lama Pindah Larantuka

Candi Borobdur juga dikenal dengan pesona sunrise atau matahari terbit sehingga banyak pengunjung yang rela datang ke objek wisata candi saat pagi-pagi buta untuk menyaksikan pemandangan sunrise tersebut.

Karena begitu besarnya potensi wisatanya, banyak pelaku wisata yang juga memulai membangun wisata-wisata pendukung di wilayah sekitar, mulai dari wisata edukasi, wisata alam hingga agrowisata. Selain sebagai tempat wisata, Candi Borobudur ini juga telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementrian Agama sebagai tempat peribadatan umat Budha seluruh dunia.

Dataran Tinggi Dieng

Sejumnlah wisatawan mengunjungi Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (23/11/2021). Sektor pariwisata di Dieng kembali menggeliat usai obyek wisata kembali dibuka sekitar dua pekan terakhir setelah adanya relaksasi dalam PPKM level 3 di Banjarnegara. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

Dataran Tinggi Dieng menawarkan wisata geologis dan sejarah yang memukau. Di wisata ini, pengunjung dapat melihat kawah dieng, yaitu Kawah Sikidang dan Candradimuka, Telaga Warna, Candi Arjuna dan masih banyak lagi. Selain itu, Dataran Tinggi Dieng ini memiliki suhu paling rendah hingga di bawah 0 derajat saat musim pancaroba atau musim penghujan sehingga sering muncul bunga es yang mirip salju saat pagi hari.

Baca Juga: Kronologi Penemuan Sopir Truk yang Tersapu Lahar Dingin Merapi

Fenomena bunga es ini sempat menarik para wisata untukj melihat secara langsung bunga es yang muncul di area sekitar Dataran Tinggi Dieng. Karena suhunya mencapai di bawah 0 derajat, sudah menjadi kewajiban bagi pengunjung untuk menggunakan pakaian yang tebal seperti layaknya pergi ke negara-negara dengan empat musim.

Karimun Jawa

Karimunjawa
Karimunjawa di Jepara. (bisnis.com)

Secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Karimun Jawa menawarkan pesona pulau resort dengan pemandangan laut yang indah. Pantai di Karimun Jawa memiliki pasir putih alami, selain itu kebersihan yang ada di area Karimun Jawa ini sangat diperhatikan dan bahkan menjadi sorotan publik. Di pantai bagian barat, yaitu Pantai Tanjung Gelam dikenal dengan pemandangan sunset atau matahari terbenam yang memukau.

Wisata di Karimun Jawa ini menjadi bukti bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan menawarkan wisata bahari yang beragam, bukan hanya berpusat di Pulau Bali saja. Di Karimun Jawa ini, pengunjung bisa bermain snorkling dan scuba diving. Untuk Scuba Diving, pengunjung harus memiliki lisensi dari agen selam yang terpercaya.

Baca Juga: Disdikpora Kudus Kebut Proses Perbaikan 11 Sekolah yang Rusak

Ketep Pass

Ketep Pass
Ketep Pass (Instagram/@magelang)

Terletak di Kabupaten Magelang, tepatnya di atas Bukit Sawangan, obyek wisata Ketep Pass ini menawarkan panorama pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menjulang tinggi dengan kepulan asap yang keluar dari puncak serta hamparan pemandangan hijau area persawahan di sekitar membuat pengunjung akan terkagum-kagun dengan keindahannya.

Di kawasan Ketep Pass ini juga disediakan gardu pandang untuk melihat pemadangan pegunungan Merapi dan Merbabu serta hamparan hijau yang mengitarinya dengan jelas. Bentuk gardu pandangnya berupa gazebo yang luas sehingga bisa dinikmati oleh beberapa orang. Di gazebo ini, pengunjung bisa berswafoto dengan latar dua gunung tersebut.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago