Ini 5 Tempat Angker di Pemalang, Jembatan Comal - Gunung Gajah

Jika melihat sejarah, banyak sekali peristiwa-peristiwa dari dimensi spiritual yang terjadi di kawasan lintas pantai utara (pantura) di Jawa Tengah ini
Ini 5 Tempat Angker di Pemalang, Jembatan Comal - Gunung Gajah
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hantu di Jalan (Liputan.com)

Solopos.com, PEMALANG — Kabupaten Pemalang adalah salah satu kawasan di Jawa Tengah dengan sejarah panjang yang  melibatkan tokoh-tokoh kerajaan, pejuang kemerdekaan hingga ahli spiritual.

Jika melihat sejarah, banyak sekali peristiwa dari dimensi spiritual yang terjadi di kawasan lintas pantai utara (pantura) di Jawa Tengah ini, sehingga tidak heran banyak peninggalan-peninggalan masa lampau berupa tempat yang dikenal dengan unsur mistisnya yang kuat.

Berikut ini Solopos.com merangkum lima tempat angker yang berada di Kabupaten Pemalang:

Jembatan Comal

Jembatan Comal
Jembatan Comal (Instagram/@wonderfulpemalang)

Melalui pantauan Solopos.com, di kanal YouTube, Lensa Sejarah dengan judul video Siluman Ular Di Jembatan Comal || Misteri Penunggu Jembatan Comal,  ada beberapa keyakinan warga setempat terkait misteri yang ada di Jembatan Comal  ini.

Warga setempat meyakini ada tiga kerajaan di wilayah tersebut. Kerajaan pertama berada di bantaran sungai dengan pintu utama di sekitar rumpun bambu. Kerajaan ini diyakini dihuni oleh siluman ular dan buaya. Kerajaan berikutnya ada di atas jembatan yang dihuni oleh sekumpulan wanita  yang berpakaian serba putih mirip sosok kuntilanak.

Baca Juga: Pemalang Terbaik Ke-4 Jaringan Dokumentasi se-Jateng

Sedangkan kerajaan ketiga terletak di makam tua yang lokasinya tidak jauh dari Jembatan Comal dan dihuni oleh sekelompok laki-laki dengan pakaian  serba hitam. Beberapa warga juga mengaku pernah melihat penampakan-penampakan mistis, salah satunya melihat sosok  siluman buaya putih yang ada di bawah jembatan. Meskipun tidak mengganggu, penampakan ini dirasa tetap menakutkan bagi warga yang melihatnya.

Selain itu juga ada yang melihat penampakan siluman ular. Hal ini dialami oleh para  pekerja yang sedang  merenovasi jembatan ini pasca-ambruk di tahun 2014 silam. Menurut pengakuan saksi mata, sosok siluman ini berkepala wanita dan tubuh ular berwarna putih

Bukit Mendelem Pemalang

Bukit Mendelem (Instagram_@ceritapemalang) (1)
Bukit Mendelem (Instagram/@ceritapemalang)

Berdasarkan pantauan Solopos.com lewat kanal Youtube Si Mimen, diceritakan bahwa  Bukit Mendelem yang juga dijuluki sebagai Gunung Jimat ini memiliki aura kemistisan yang kuat. Aura kemistisan ini dipercaya karena tempat ini terdapat dua makam tokoh supranatural. Kejadian mistis yang sempat menggemparkan adalah hilangnya batu penutup makam di Gunung Jimat itu yang akhirnya meninggalkan lubang besar.

Baca Juga: Inilah Kisah di Balik Nama Taman Patih Sampun Pemalang

Anehnya lagi, ada seorang perantau dari Pemalang yang bekerja di Sumatra dan  takjub bisa menemukan batu yang bentuknya mirip dengan batu yang hilang di makam Gunung Jimat. Mitos ini sudah dipercaya oleh warga sekitar dari generasi ke generasi.

Penamaan Gunung Jimat yang aslinya bernama Hutan Bukit Mendelem ini juga tidak asal-asalan. Konon dipercaya bahwa nama Gunung Jimat ini disematkan karena dulunya bukit ini menjadi tempat penyimpanan benda-benda pusaka dan ajimat sehingga menjadi tempat keramat.

Karena itulah banyak orang-orang datang ke Gunung Jimat ini untuk melakukan ritual supaya mendapatkan sumber kekuatan dan kejayaan seperti jaman pemimpin dan raja-raja jaman dulu. Menariknya, berdasarkan informasi dari warga sekitar, Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto pernah mengunjungi tempat ini

Baca Juga: Ulujami Pemalang Juga Punya Sentra Bandeng Duri Lunak

Desa Kandang

Patung Garuda Desa Kandang (Youtube_M.Zainal Fanani)
Patung Garuda Desa Kandang (Youtube/M.Zainal Fanani)

Sesuai dengan namanya, ‘Kandang’ yang dalam bahasa Jawa berarti kurungan, banyak orang yang tersesat dan tidak bisa keluar dari wilayah desa saat memasuki Desa Kandang. Pendatang yang ‘terkurung’ di Desa Kandang ini harus bertanya dengan warga setempat jika ingin terlepas dari kurungan gaib yang ada di Desa Kandang ini.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube Tamta Journey, Desa Kandang ini diyakini merupakan desa yang angker di Pemalang.  Konon,  penunggu desa ini adalah mahkluk gaib yang bertugas menjaga desa dari orang-orang asing luar desa yang berniat jahat. Anehnya lagi, mereka yang tersesat tidak hanya waktu malam hari, bahkan waktu siang hari juga bisa tersesat.

Kisah misteri lainnya ada pada beberapa tempat yang dianggap sangat angker yang tiap malam kerap muncul sosok mengerikan, seperti pocong, kuntilanak dan genderuwo yang akan menakut-nakuti siapapun yang melewati tempat angker tersebut.

Gunung Gajah

Gunung Gajah
Gunung Gajah (instagram/@wowok_birowo)

Seperti yang telah diberitakan oleh Solopos.com, Gunung Gajah memiliki ketinggian kurang lebih 1.100 mdpl dan gunung ini bukanlah gunung yang aktif, melainkan hanya area perbukitan berbatu yang ditumbuhi pepohonan. Diberi nama gajah karena dari kejauhan bukit ini terlihat seperti seekor gajah. Di tempat ini, banyak dijumpai kera-kera yang bergelantungan di pepohonan.

Seperti tempat-tempat mistis lainnya di Pemalang, Gunung Gajah juga memiliki kisah misteri. Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube SI MIMEN, di bagian puncak  Gunung Gajah terdapat sebuah gua yang dihuni oleh kelelawar.  Masyarakat sekitar percaya bahwa gua yang dikenal dengan sebutan Gua Lawa itu pernah dijadikan tempat pertapaan oleh sesepuh setempat.

Kisah misteri yang pernah terjadi adalah berawal dari kelompok pendaki yang rata-rata adalah mahasiswa yang akan melakukan pendakian di Gunung Gajah tersebut. Sebelumnya, warga setempat sudah memperingatkan sekelompok pemuda ini untuk menjaga perkataan selama mendaki.

Namun, karena terbawa  suasana, salah satu dari kelompok pendaki ini mengucapkan kata-kata tidak senonoh kepada sesama temannya, seperti layaknya pemuda jaman sekarang saat bersendau gurau, sudah pasti keluar kata-kata umpatan atau kata-kata tidak senonoh. Alhasil, pemuda yang berkata kotor itu jatuh ke jurang dan mayatnya tidak ditemukan.

Jalur Lingkar Pemalang

kehidupan setelah kematian Ilustrasi Hantu Wanita
Ilustrasi hantu Wanita (Detik.com)

Merupakan rute yang ramai dilewati para pengguna jalan, khususnya pemudik yang melakukan perjalanan darat melalui jalur selatan. Misteri yang kerap terjadi di jalur ini sering dialami oleh para pengemudi yang melewati jalur tersebut.

Beberapa kesaksian yang diceritakan oleh para pengemudi kendaraan yang melintas Jalur Lingkar Pemalang ini adalah seringmya melihat sosok mistis yang membuyarkan fokus mereka. Konon beredar cerita dari warga setempat bahwa terdapat penunggu di jalur ini seorang sosok wanita berpakaian putih.

Tidak sekadar menampakkan diri, sosok-sosok mistis tersebut juga bisa menjelma sebagai patung sehingga dapat mengecoh para  pengguna jalan. Salah satu yang mengalaminya adalah seorang pengemudi truk asal Jakarta yang memang melintasi Jalur Lingkar Pemalang ini.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago