SOLOPOS.COM - Sidang Kelulusan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) yang digelar di Jakarta, Selasa (12/4/2022). (ANTARA/HO-SPAN PTKIN)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak lima kampus dan program studi (prodi) menjadi favorit dengan pendaftar terbanyak melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2022 Kementerian Agama.

Panitia nasional penerimaan mahasiswa baru SPAN-PTKIN Kementerian Agama menyebutkan lima kampus dan prodi favorit dengan pendaftar terbanyak jalur SPAN-PTKIN 2022. “Hari ini panitia mengumumkan 73.944 siswa dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN 2022. Hasil seleksi ini tertuang dalam surat No.B-130/SPAN-UM/IV/2022 tentang Akses Pengumuman Hasil SPAN-PTKIN tahun 2022,” ujar Ketua SPAN-PTKIN, Imam Taufiq, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (15/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : 73.944 Siswa Lolos SPAN-PTKIN 2022, Cek Pengumumannya di Sini Lur…

Imam mengatakan lima kampus pendaftar terbanyak itu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan 32.499 pendaftar, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan 31.549 pendaftar. Kemudian, UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan 28.354 pendaftar dan UIN Walisongo Semarang dengan 19.582 pendaftar. Terakhir, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan 16.992 pendaftar.

Di sisi lain, lima prodi pendaftar terbanyak, yakni Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebanyak 6.628 pendaftar, Manajemen Keuangan Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 6.427. Selain itu, Perbankan Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebanyak 6.265 pendaftar dan Manajemen Keuangan Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 5.410 pendaftar. Terakhir, Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 5.398 pendaftar.

Baca Juga : ITB Muhammadiyah Hadir di Grobogan, Jawab Kebutuhan Ahli Digital

Imam Taufiq menjelaskan minat calon mahasiswa untuk masuk PTKIN sangat tinggi. Tahun ini tercatat ada 172.971 siswa yang mengikuti SPAN-PTKIN dari 10.927 sekolah. Siswa pelamar diberi kesempatan memilih dua PTKIN yang diminati. Pada masing-masing PTKIN pilihannya, mereka dapat memilih dua prodi yang diminati. Urutan pilihan PTKIN dan program studi yang telah dipilih menjadi prioritas pilihan.

“Dari jumlah total pendaftar tersebut, telah diumumkan 73.944 siswa dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN 2022. Peserta dapat mengecek kelulusan pada web http://pengumuman.span-ptkin.ac.id dengan memasukkan NISN,” tutur Imam.

Baca Juga : Wow! UIN Sunan Kalijaga Perguruan Tinggi Islam Paling Diminati

Ia mengatakan bagi siswa yang tidak lolos jalur SPAN PTKIN bisa mendaftar lagi melalui jalur Ujian Masuk PTKIN yang akan dibuka pada 25 April 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya