SOLOPOS.COM - nDalem Natan Royal Heritage di Kotagede menjadi salah satu rekomendasi lokasi ngabuburit di Jogja, selain Malioboro. (Solopos/Hesty N. Tyas)

Solopos.com, YOGYAKARTA — Ngabuburit di Kota Gudeg Jogja tidak hanya bisa dilakukan di Malioboro lo. Masih banyak lokasi lain yang menarik didatangi saat menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan 2022.

Kata Joko Pinurbo, Jogja terdiri atas rindu, pulang, dan angkringan. Adhitia Sofyan memberikan makna lain untuk Jogja, yakni selalu ada sesuatu di Jogja. Kata warga, yang bahkan telah menjadi tagline resmi, Jogja Istimewa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tak hanya karena keramah-tamahan penduduk, kekayaan budaya, panorama alam yang memesona, Jogja istimewa karena wisata kuliner yang beragam. Di bulan suci Ramdan, Jogja bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang berniat untuk ngabuburit.

Anda tertarik menikmati keistimewaan dan kehangatan Jogja di bulan Ramadan? Berikut Solopos.com rangkumkan sejumlah rekomendasi lokasi ngabuburit di Jogja, selain Malioboro:

Baca Juga : Ini Lima Tempat Ngabuburit Asyik di Jogja

1. Kampung Ramadan Jogokariyan

Tempat ini merupakan surganya takjil di Jogja. Ada sekitar 270 usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Masjid Jogokariyan yang menggelar lapak di sepanjang Jl. Jogokariyan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan buka puasa gratis dari Masjid Jogokariyan karena setiap hari disediakan kurang lebih 3.000 porsi menu buka puasa untuk masyarakat umum.

2. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau yang biasa disebut Alkid menjadi rekomendasi lokasi ngabuburit di Jogja selain Malioboro. Alkid tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Lapangan rumput yang luas.

Banyak warga maupun pelancong berkumpul di tanah lapang itu pada sore hari, terlebih menjelang buka puasa. Tersedia aneka jajanan di sepanjang jalan kawasan Alkid. Anda beli makan sembari duduk di hamparan rumput lapangan Alkid dan menatap langit jingga Jogja.

Tak hanya itu, Anda juga bisa bermain di lapangan Alkid, seperti menjajal becak hias, bermain layangan atau gelembung udara, hingga mencoba keberuntungan melewati jalan di antara dua pohon beringin ikonik di Alkid.

Baca Juga : Mengenal Alun-Alun Utara Jogja, Sejarah dan Pergeseran Fungsinya

3. Selasar Gor Klebengan

Gor Klebengan dan 1001 jajanannya tentu sudah tak asing lagi bagi mahasiswa Jogja yang ingin ngabuburit selain di Malioboro. Letaknya di dekat kampus UGM dan UNY.

Selasar Gor Klebengan selalu bisa diandalkan ketika Anda buntu ingin makan apa saat berbuka puasa. di Gor Klebengan ini tersedia aneka makanan ringan, seperti siomay, batagor, cahkwe, empek-empek, cilok, cilor, cireng, dan seterusnya.

Makanan berat pun ada, seperti sate, nasi goreng, aneka olahan mie, aneka olahan ayam, dan seterusnya.

4. nDalem Natan Royal Heritage

Solopos.com berkesempatan mengunjungi salah satu hidden gem yang berlokasi di Kotagede, yakni nDalem Natan Royal Heritage. Tempat ini cocok menjadi lokasi ngabuburit di Jogja selain Malioboro.

Baca Juga : Yogyakarta Punya Belasan Candi, Didominasi Corak Hindu atau Buddha?

Ada sejumlah alasan, seperti bangunan nDalem Natan Royal Heritage berarsitektur kuno yang estetik dan Instagramable. Seperti dilansir dari akun Instagram resminya, @ndalemnatanroyalheritage, dibangun saudagar terkaya di Jogja. Arsitektur bergaya campuran, Art Nouveau dan Art Deco Style. Tata letak dan filosofi rumah bergaya tradisional Jawa serta menggunakan ornamen Islam.

Di sini juga ada Café & ArtSpace pada sayap kanan kompleks bangunan nDalem Natan Royal Heritage. Anda dapat menyantap menu minuman dan makanan khas tradisional Jawa.

Ada toko buku Natan yang menjual berbagai macam koleksi buku berkualitas dan original. nDalem Natan Royal Heritage juga menawarkan guest house berarsitektur Jawa. Anda bisa menyewanya per malam.

Itu tadi rekomendari lokasi ngabuburit di Jogja, selain Maliboro. Bagaimana? Anda tertarik berkunjung kemana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya