SOLOPOS.COM - Ilustrasi THR (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, JAKARTA — Pada momentum Ramadan dan menjelang datangnya Idulfitri, setiap insan lazimnya dihadapkan pada berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai dari urusan dapur, busana baru untuk Lebaran, hingga biaya hantaran. Bagi Anda yang mendapatkan tunjangan hari raya alias THR, inilah menjadi waktu yang tepat untuk menggunakan anggaran sesuai dengan rencana pengeluaran dengan bijak.

Certified Financial Planner Metta Anggriani mengatakan bulan Ramadan sesungguhnya adalah momentum untuk kembali belajar mengontrol, termasuk bagaimana mengontrol pengeluaran dana. “Datangnya THR tentunya harus disikapi dengan bijaksana agar dana ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang benar-benar berarti bagi kita,” ujarnya melalui keterangan resmi lazada Indonesia, Selasa (27/4/21).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini adalah beberapa tips dari Metta yang dapat menginspirasi perencanaan alokasi dana THR agar lebih efektif.

Baca Juga: Ini 5 Zodiak Jago Berimajinasi, Kamu Termasuk?

1. Dahulukan Membayar Kewajiban yang Harus Dilunasi

Sebagai dana yang bersifat pemasukan tambahan, sebaiknya THR dialokasikan untuk membayar kewajiban yang dapat sedikit meringankan beban finansial. Seperti membayar hutang maupun membayar THR karyawan sesuai dengan perhitungannya.

2. Beribadah dengan Membayar Zakat, Bersedekah dan Infaq

Tentunya Ramadan menjadi momentum untuk sebanyak-banyaknya beramal dan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Pastikan sudah mengalokasikan untuk melakukan kewajiban membayar zakat di bulan Ramadan. Kemudian, sisihkan dana THR sekitar 10 persen untuk memperbanyak amalan infak dan sedekah.

Zakat dapat dibayarkan dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan dari rumah tanpa harus repot mencari badan terpercaya untuk menyalurkan zakat.

3. Buat Perencanaan dan Prioritas Kebutuhan Belanja Ramadan dan Hari Raya

Sebelum mulai berbelanja, pastikan sudah membuat daftar belanja kebutuhan yang diperlukan. Dengan begitu, dapat melihat mana barang yang benar-benar diperlukan, mana yang belum menjadi prioritas. Pertimbangkan juga barang yang dibeli bisa dapat terus digunakan setelah bulan ramadan usai agar lebih bermanfaat.

Usahakan rencana belanja disesuaikan dengan promo belanja online untuk memaksimalkan penggunaan dana. Selain itu, pastikan untuk berbelanja melalui satu platform untuk dapat memantau semua transaksi yang sudah dilakukan agar tidak kalap.

4. Merencanakan Berbagi Hantaran untuk Keluarga dan Kerabat

Meski Ramadan dan Idulfitri tahun ini kita masih tidak dapat bertatap muka langsung dengan keluarga kerabat, manfaatkan momentum ini untuk saling berkirim hadiah dan hantaran. Pilih isian hantaran yang disesuaikan dengan pihak penerima agar berbagi hantaran dapat semakin berarti.

5. Menabung dan Berinvestasi

Sudah menunaikan ibadah, membayarkan kewajiban dan hutang, puas berbelanja dan berbagi hantaran yang berarti, ini saatnya untuk menghabiskan THR untuk ditabung. Situasi pandemi ini tentunya mengajarkan untuk dapat lebih bijaksana dalam menabung dan menyisihkan dana darurat untuk berbagai keperluan tidak terduga.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya