SOLOPOS.COM - Peta Provinsi Jawa Tengah (Jateng). (wikipedia.org)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah hingga kini memang masih memberlakukan moratorium pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB). Meski demikian, wacana pemekaran wilayah itu masih terus berkembang, salah satunya di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Dikutip dari kanal Youtube Data ada tiga wilayah di Jateng yang diusulkan menjadi provinsi baru. Ketiga provinsi baru itu yakni Provinsi Banyumasan, Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara, dan Provinsi Daerah Istimewa Surakarta.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Dalam video itu juga dibahas tentang pemekaran sembilan provinsi baru di Pulau Jawa, mulai dari Tangerang Raya hingga Blambangan. Video tersebut diunggah pada 4 Februari lalu dan hingga kini sudah ditonton 328.278 kali.

Baca juga: Heboh! Kudus Diusulkan Jadi Ibu Kota Provinsi Muria Raya

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut tiga provinsi baru yang diusulkan dalam pemekaran wilayah di Jateng:

1. Provinsi Banyumasan

Provinsi Banyumasan merupakan wacana pemekaran wilayah dari Provinsi Jawa Tengah atau Jateng. Provinsi Banyumasan ini meliputi Kota Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal, Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen. Sementara untuk ibu kota Provinsi Banyumasan ini diusulkan berada di Kota Purwokerto.

2. Provinsi Daerah Istimewa Surakarta (DIS)

Selain Provinsi Banyumasan, wacana wilayah Soloraya menjadi provinsi baru di Jawa Tengah (Jateng) juga menggema di media sosial (medsos). Provinsi Daerah Istimewa Solo atau DIS diusulkan sebagai pemekaran wilayah di Jateng.

Provinsi DIS ini meliputi daerah-daerah yang ada di Soloraya yakni Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sragen, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Wonogiri. Sedangkan untuk ibu kota diusulkan Kota Surakarta atau Solo.

Baca juga: Pemekaran Banyumas Jadi 3 Kabupaten/Kota Terganjal Pandemi Covid-19

3. Provinsi Jawa Utara atau Muria Raya

Provinsi Jawa Utara atau Muria Raya juga diusulkan dalam pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara itu meliputi Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Blora.  Sementara ibu kota Provinsi Muria Raya diusulkan berada di wilayah Kabupaten Kudus.

Nah, itu tadi tiga wilayah yang diisukan tengah diusulkan menjadi tiga provinsi baru di Jawa Tengah (Jateng). Usulan ini pun masih bersifat wacana menyusul kebijakan Pemerintah Pusat yang hingga kini masih memberlakukan moratorium daerah pemekaran baru atau DOB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya