[ X ] CLOSE

Ini 3 Obat Covid-19 yang Diburu Pemerintah ke Luar Negeri

Perburuan obat Covid-19 terus dilakukan meskipun hal itu tidak sepenuhnya berjalan mulus karena terkendala suplai global yang ketat.
Ini 3 Obat Covid-19 yang Diburu Pemerintah ke Luar Negeri
SOLOPOS.COM - Menkes Budi Gunadi Sadikin (Humas Setkab/Rahmat)

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia memburu berbagai jenis obat terapi Covid-19 dari luar negeri. Setidaknya, ada tiga obat terapi Covid-19 yang kini diburu pemerintah, yaitu Remdesivir, Actemra, dan Gammaraas.

Perburuan terus dilakukan meskipun hal itu tidak sepenuhnya berjalan mulus karena terkendala suplai global yang ketat.

“Kami menyadari, ada obat-obatan impor yang memang secara global suplainya sangat ketat,” kata Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, seusai mengikuti rapat virtual dengan Presiden, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga: Insentif Belum Cair, Nakes Pilih Resign dan Alih Profesi

Obat Remdesivir, kata Budi, diimpor dari India, Pakistan, dan China. “Sekarang itu solusinya kita sudah negosiasi dengan Ibu Menlu dibantu agar India bisa buka kembali kran ekspornya dan sudah mulai masuk 50.000 Minggu ini, dan bertahap 50.000 per minggu,” tutur Budi.

Budi menjelaskan pemerintah Indonesia juga membuka akses ke China agar obat yang mirip Remdesivir bisa dibawa masuk ke Tanah Air. Kemudian obat lainnya yang diburu pemerintah ke luar negeri adalah Actemra.

“Ini secara global sangat sulit mendapatkannya, diproduksi perusahaan Roche di Swiss. Kami juga sudah bicara dengan CEO Roche dan memang diakui ada global suplai yang ketat sehingga dengan stok yang ada sekarang masih jauh dari yang kita butuhkan,” tutur Budi.

Baca Juga: Suhu Udara Dingin Ekstrem di Pulau Jawa, Ini Penjelasan BMKG



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago