Ini 3 Langkah Pemulihan Tubuh Setelah Sembuh dari Covid-19

Setelah sembuh dari infeksi virus corona tidak ada salahnya menyimak langkah pemulihan sembuh dari serangan Covid-19.
Ini 3 Langkah Pemulihan Tubuh Setelah Sembuh dari Covid-19

Solopos.com, JAKARTA — Banyak orang yang setelah sembuh dari infeksi virus corona sehingga mengidap Covid-19 mengalami masalah kesehatan yang berkepanjangan atau long Covid-19. Tak ada salahnya menyimak langkah pemulihan sembuh dari serangan Covid-19.

Beberapa gejala jangka panjang termasuk hilangnya rasa atau bau, napsu makan menurun, kelelahan, dan penurunan berat badan merupakan gejala yang dapat mengurangi nutrisi di dalam tubuh secara keseluruhan. Meskipun hal tersebut lebih umum pada pasien Covid-19 akut, individu dengan penyakit ringan juga mengalami tantangan serupa.

Oleh karena itu, pemulihan harus mencakup intervensi yang berfokus pada nutrisi dan rehabilitasi fisik.

Baca Juga: Tangkal Varian Delta, Pakar di India Sarankan Vaksinasi Covid-19 Anak

Ahli diet senior Baylor Medicine Texas, Amerika Serikat Emily Monfiletto menyebutkan bahwa apabila seseorang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, membuat tubuh lebih susah pulih setelah terjangkit virus Covid-19.

Dia menuturkan makanan merupakan sumber utama vitamin, mineral, dan nutrisi kita. Jika Anda kekurangan gizi atau tidak mengonsumsi jenis makanan yang sesuai, akan jauh lebih sulit bagi tubuh Anda untuk pulih sepenuhnya dan mengisi kembali semua yang hilang selama infeksi.

“Tubuh Anda telah meningkatkan kebutuhan nutrisi tidak hanya selama infeksi Covid-19, tetapi juga selama pemulihan,” ujar Emily Monfiletto yang dikuti dari bcm.edu, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Tak Mau Dikalahkan Tiktok, Instagram Kini Bukan Hanya Berbagi Foto

Berikut tiga langkah jitu pemulihan tubuh yang dapat Anda lakukan setelah sembuh dari Covid-19:

1. Berkreasi di Dapur

Kehilangan rasa atau anosmia merupakan salah satu gejala jangka panjang yang paling umum setelah terkena virus Covid-19. Coba memasak dengan menggunakan bumbu dapur atau rempah-rempah yang berbeda agar makanan enak dan tidak terlalu hambar. Fokus pada makanan dengan banyak rasa untuk meningkatkan indera perasa.

2. Makanan dan Camilan Sepanjang Hari

Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan, sangat penting untuk mengkonsumsi kalori, vitamin dan mineral. Jauhi makan makanan yang lebih besar dan fokus pada makanan kecil, lebih sering atau makanan ringan sepanjang hari.

Cobalah makan setiap dua atau tiga jam untuk memberi tubuh Anda sumber kalori dan nutrisi. Makan makanan padat nutrisi dan protein, jika Anda kehilangan berat badan atau kurang nafsu makan. Protein sangat penting dalam proses pemulihan, jadi pastikan untuk makan protein terlebih dahulu saat makan.

Porsi makanan yang lebih kecil dan lebih sering juga akan membantu mengontrol gula darah, memberi tingkat energi yang lebih konsisten. Ketika berpergian untuk waktu yang lama tanpa makan, ini dapat menyebabkan tingkat energi yang rendah dan merasa lelah.

3. Makanan yang Menghidrasi

Kurangnya nafsu makan membuat makan makanan kurang diminati. Jadikan makanan menjadi bentuk yang dapat diminum, seperti smoothie dengan susu, untuk terus mengisi kembali nutrisi dan membantu menjaga kadar air atau hidrasi.

Hidrasi adalah kunci untuk pemulihan, jadi pastikan untuk mengonsumsi air atau minuman lain setiap jam sepanjang hari. Cobalah untuk tidak membuat sesuatu yang terlalu berlebihan untuk dikonsumsi.

“Anda sebaiknya tetap mencoba mengonsumsi variasi kelompok makanan sebanyak mungkin sepanjang hari. Keragaman vitamin, mineral, dan nutrisi yang kita konsumsi akan berperan dalam pemulihan,” kata Monfiletto.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago